//

PENGARUH TERAPI BEKAM TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURHASYIMAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Bekam merupakan tehnik pengobatan dengan menggunakan tekanan negatif dan dilakukan penyayatan sehingga terjadi pengeluaran darah beserta zatzat toksik (causative pathological substances). Bekam sudah dipraktekkan sebagai pengobatan beberapa penyakit sejak zaman dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bekam terhadap penurunan tekanan darah 1 jam setelah bekam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian praeksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest tanpa kelompok kontrol. Subyek penelitian berjumlah 79 orang adalah laki-laki dan perempuan berusia 15-60 tahun yang diambil dari populasi total pasien di klinik Al-Wafa Banda Aceh pada September 2013. Pengaruh bekam terhadap penurunan tekanan darah 1 jam setelah bekam dianalisa menggunakan uji Wilcoxon dengan p< 0,05. Pada keseluruhan subyek didapatkan nilai rata-rata ± SD tekanan darah sistolik sebelum bekam 115,04 ± 20,951 dan 1 jam setelah bekam 112,56 ± 19,575 dengan nilai p< 0,05, sedangkan pada tekanan darah diastolik sebelum bekam 72,25 ± 14,975 dan 1 jam setelah bekam 71,11± 14,383 dengan nilai p< 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bekam yang signifikan terhadap penurunan tekanan darah 1 jam setelah bekam. Kata kunci : Bekam, tekanan darah, hipertensi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI MORFOLOGI ERITROSIT DARAH BEKAM DAN MORFOLOGI ERITROSIT DARAH VENA (ISNAINI, 2013)

IDENTIFIKASI HITUNG JENIS LEUKOSIT DARAH BEKAM DAN DARAH VENA (Rahmiati Elsa, 2014)

PERBEDAAN KADAR KOLESTEROL TOTAL DARAH BEKAM DENGAN KADAR KOLESTEROL DARAH VENA (Sitti Azizah Rahmah, 2014)

PERBEDAAN KADAR KOLESTEROL TOTAL DARAH HASIL BEKAM DENGAN KADAR KOLESTEROL TOTAL DARAH VENA (Sitti Azizah Rahmah, 2016)

PERBANDINGAN KADAR GLUKOSA CAIRAN BEKAM DENGAN DARAH VENA PADA PASIEN BEKAM DI KLINIK AL-WAFA BANDA ACEH (Khairunnisa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy