//

ANALISIS VP/VS RATIO MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DAN MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVES DI AREA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG KALENG, SABET, ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tika Hapsari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penyelidikan bawah permukaan telah dilakukan di Desa Sabet, Lamno, Aceh Jaya dengan menggunakan metode seismik refraksi dan seismik multichannel analysis of surface waves. Tempat penelitian terletak pada area pembangunan jembatan yang menghubungkan jalan lintas tengah dari Lamno, Aceh Jaya sampai Jantho, Aceh Besar. Jembatan merupakan sarana transportasi yang sangat diperlukan oleh masyarakat yang menghubungkan dua ruas jalan terpisah oleh sungai untuk mempermudah akses jalan. Untuk membangun sebuah jembatan yang kokoh maka perlu diketahui keadaan bawah permukaan yang akan digunakan untuk penancapan tapak pondasi. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari jembatan yang roboh. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan parameter Vp/Vs rasio pada sifat fisik batuan dan sifat mekanik batuan. Akuisisi data dilakukan sebanyak tiga lintasan pada setiap metode seismik. Data pengukuran yang diperoleh berupa data travel time yang terekam pada setiap geophone dan diperlukan pengolahan dengan software ZondST2D dan software SeisImager untuk mendapatkan model kecepatan gelombang P dan S. Nilai rasio Vp/Vs diperoleh dari perhitungan perbandingan antara nilai kecepatan gelombang P dan S. Berdasarkan model kecepatan gelombang P yang diperoleh terdapat tiga lapisan yaitu lapisan pasir dan kerikil, lapisan pasir berlempung dan lapisan batu gamping. Informasi yang diperoleh adalah semakin bertambahnya kedalaman maka semakin kompak lapisan batuannya sehingga mengurangi terdapatnya rongga pada batuan dengan porositas semakin kecil. Berdasarkan model kecepatan distribusi Vp/Vs terlihat bahwa rasio Vp/Vs semakin bertambah terhadap kedalaman yang berarti bahwa semakin besar rasio vp/vs maka semakin kecil porositasnya. Berdasarkan poisson ratio dan densitas batuan didapatkan lapisan tanah (soil) dan lempung hingga kedalaman 20 meter dan tidak diperoleh adanya lapisan bedrock sehingga tidak mampu mendukung sebuah pondasi jembatan. Untuk penancapan pondasi jembatan disarankan pada kedalaman di bawah 20 meter. Kata Kunci : Vp/Vs ratio, seismik refraksi, seismik masw

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN PADA AREA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG KALENG, SABET, ACEH JAYA MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DAN METODE GEOLISTRIK (Intan Maullida, 2016)

ANALISIS KECEPATAN GELOMBANG GESER DI AREA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG KALENG, SABET, ACEH JAYA (Fatma Rizki, 2016)

PREDIKSI LITOLOGI SEDIMEN BERDASARKAN NILAI POISSON'S RATIO DI DESA PANGWA KECAMATAN TRIENGGADENG, PIDIE JAYA (NINDI YUSIFA, 2018)

ANALISIS POISSON RATIO UNTUK MENENTUKAN LITOLOGI BAWAH PERMUKAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE REFRAKSI DAN MASW DI KECAMATAN ULIM, PIDIE JAYA (Alif Fachreza Deyan, 2018)

PENENTUAN LITOLOGI BAWAH PERMUKAAN BERDASARKAN NILAI POISSON RATIO AREA GEMPA BUMI MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DAN MASW DI KECAMATAN PANTERAJA, PIDIE JAYA (Hayatul Muna, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy