//

DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL RIMPANG KENCUR (KAEMPFARIA GALANGA L) TERHADAP PERTUMBUHAN ASPERGILLUS SP SECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rouzanna Isma - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aspergillus sp. adalah jamur yang tumbuh sebagai saprofit pada tumbuh-tumbuhan yang membusuk, tanah, debu organik dan makanan. Aspergillus sp dapat menginfeksi manusia yang disebut Aspergillosis. Rimpang kencur (Kaempferia galanga L.) telah diketahui memiliki efek anti jamur terhadap Trichophyton mentagropites dan Candida albicans. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ekstrak rimpang kencur terhadap Aspergillus sp secara in vitro. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang dibagi dalam 6 kelompok, yaitu 4 kelompok perlakuan dan 2 kelompok control masing-masing kelompok diulang sebanyak 4 kali pengulangan. Uji daya hambat dilakukan dengan metode difusi agar menggunakan kertas cakram. Data di analisis menggunakan uji ANOVA pada taraf 0.05 dan dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak rimpang kencur dengan konsentrasi 5%, 10%, 20% dan 40% masing-masing mampu membentuk zona hambat dengan zona rata-rata sebesar 12,75 mm, 14,25 mm, 15,25 mm dan 19,50 mm. Hasil Analisa data menunjukkan adanya pengaruh yang sangat nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL RIMPANG KENCUR (KAEMPFARIA GALANGA L) TERHADAP PERTUMBUHAN ASPERGILLUS SP SECARA IN VITRO (Rouzanna Isma, 2016)

DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL RIMPANG KENCUR (KAEMPFARIA GALANGA L)TERHADAP PERTUMBUHAN ASPERGILLUS SP SECARA IN VITRO (Rouzanna Isma, 2014)

DAYA HAMBAT EKSTRAK RIMPANG KENCUR (KAEMPFERIA GALANGA L.)TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI (Melly Hafizha, 2014)

KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM DAN BUNUH MINIMUM EKSTRAK ETANOL RIMPANG KENCUR (KAEMPFERIA GALANGA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (ATHIA FAHRANI, 2018)

UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL RIMPANG KENCUR (KAEMPFERIA GALANGA L.) TERHADAP METHICILLIN RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS ISOLAT KLINIS SECARA IN VITRO (Maulidya Magfirah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy