//

HUBUNGAN ONSET SERANGAN DAN LOKASI INFARK TERHADAP KEBERHASILAN FIBRINOLITIK PADA PASIEN INFARK MIOKARD DENGAN ST-ELEVASI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIFAN EKA PUTRA NASUTION - Personal Name

Abstrak/Catatan

STEMI merupakan suatu kejadian kegawatdaruratan medis dengan angka insiden, morbiditas dan mortalitas yang tinggi di dunia, sehingga dibutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Salah satu penanganannya adalah pemberian fibrinolitik, namun terkadang fibrinolitik tidak selalu berhasil. Penelitian yang membahas tentang masalah ini di Indonesia khususnya di Aceh masih sedikit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Membuktikan adanya hubungan antara onset serangan dan lokasi infark dengan keberhasilan fibrinolitik pada pasien STEMI. Penelitian ini adalah penelitian potong lintang retrospektif dengan subjek pasien STEMI yang dirawat di ruang ICCU dan mendapatkan terapi fibrinolitik pada periode Januari – Desember tahun 2013. Data diperoleh dari rekam medik pasien. Terdapat 132 pasien STEMI yang dirawat pada periode tersebut dan sebanyak 25 orang mendapatkan terapi fibrinolitik. Terdapat 88% subjek yang fibrinolitiknya berhasil dan 12% subjek yang fibrinolitiknya gagal. Simpulan, Terdapat hubungan yang signifikan antara onset serangan dan keberhasilan fibrinolitik pada pasien infark miokard dengan ST elevasi dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara lokasi infark dan keberhasilan fibrinolitik pada pasien STEMI. Kata Kunci: Fibrinolitik, Lokasi Infark, Onset, STEMI.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ONSET SERANGAN DAN LOKASI INFARK TERHADAP KEBERHASILAN FIBRINOLITIK PADA PASIEN INFARK MIOKARD DENGAN ST-ELEVASI (RIFAN EKA PUTRA NASUTION, 2014)

DERAJAT KEPARAHANN INFARK MIOKARD AKUT BERDASARKAN WAKTU SERANGAN PADA PENDERITA INFARK MIOKARD AKUT DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Siska, 2015)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KEJADIAN INFARK (Tjut Farahiya Hadi, 2015)

HUBUNGAN PENINGKATAN KADAR GLUKOSA PLASMA DAN TROPONIN-I PENDERITA INFARK MIOKARD AKUT DI RUANG ICCU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nindy Aprilla Putri, 2016)

LOKASI INFARK DENGAN BRADIKARDI PASIEN SINDROM KORONER AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT MEURAXA BANDA ACEH (OCTAMI RULIANI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy