//

PENENTUAN KONSENTRASI HAMBAT MINIMAL DAN KONSENTRASI BUNUH MINIMAL EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM) TERHADAP PERTUMBUHAN PSEUDOMONAS AERUGINOSA ISOLAT KLINIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fingga Prahasti Nasution - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pseudomonas aeruginosa adalah salah satu bakteri Gram negatif yang perkembangan resistensinya sangat pesat terhadap beberapa jenis antibiotik seperti Semisynthetic Penicillinase-Resistant Penicillins (SPRPs), sephalosporin dan golongan aminoglikosida. Daun salam adalah salah satu tumbuhan yang telah diketahui memiliki aktivitas antibakteri. Daun salam mengandung minyak atsiri, alkaloid, flavonoid dan tanin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsentrasi Hambat Minimal (KHM) dan Konsentrasi Bunuh Minimal (KBM) ekstrak etanol daun salam terhadap pertumbuhan P. aeruginosa isolat klinis. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi RSUD dr. Zainoel Abidin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium dengan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Rancangan penelitian menggunakan 4 kelompok perlakuan (terdiri atas ekstrak etanol daun salam dengan konsentrasi 100 mg/ml, 200 mg/ml, 300 mg/ml dan 400 mg/ml) dan kelompok kontrol negatif (terdiri dari suspensi bakteri P. aeruginosa isolat klinis dan ekstrak etanol daun salam). Hasil penelitian ini didapatkan KHM dan KBM ekstrak etanol daun salam terhadap P. aeruginosa adalah 300 mg/ml. Analisis statistik dengan uji ANOVA yang dilanjukan dengan uji Tukey dan Duncan untuk KHM serta uji Kruskal-Wallis untuk KBM didapatkan nilai p < 0,5. Hasil ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun salam pada konsentrasi 300 mg/ml telah mampu menghambat dan membunuh P. aeruginosa isolat klinis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENENTUAN KONSENTRASI HAMBAT MINIMAL DAN KONSENTRASI BUNUH MINIMAL EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM) TERHADAP PERTUMBUHAN PSEUDOMONAS AERUGINOSA ISOLAT KLINIS (Fingga Prahasti Nasution, 2016)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI DARI EKSTRAK METANOL DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM WIGHT.)PERTUMBUHAN KLEBSIELLA PNEUMONIA ISOLAT KLINIS (Aryana Debbie Three Shinta, 2015)

PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM [WIGHT] WALP.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ESCHERICHIA COLI (Nururrahmah, 2013)

PENGARUH EKSTRAK DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (Fahrizal , 2016)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM SEGAR (SYZYGIUM POLYANTHUM [WIGHT] WALP) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (dila rahayu, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy