//

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN PADA SISWA MAN 3 RUKOH KOTA BANDA ACEH TENTANG GONORE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizka Nadya - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah penyakit yang ditularkan baik melalui hubungan seksual maupun tidak. Gonore merupakan salah satu penyakit yang paling umum dan tertua yang termasuk Infeksi Menular Seksual (IMS). Secara umum, remaja dan dewasa muda jauh lebih berisiko tinggi dari pada dewasa tua yang tertular IMS, seperti klamidia, gonore dan Human Papilloma Virus (HPV). Gonore merupakan IMS yang dapat disembuhkan. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan gonore pada siswa MAN 3 Rukoh Kota Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang, tetapi hanya 68 orang yang masuk ke dalam kriteria inklusi dengan tingkat kesalahan yang dapat ditolerir (d) sebesar 0,1. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat. Hasil uji karakteristik gambaran tingkat pengetahuan siswa MAN 3 Rukoh tentang gonore berdasarkan distribusi frekuensi jawaban responden sebanyak 57 orang (83,82%) yang dapat menjawab pertanyaan mengenai penularan gonore dengan jawaban benar. Sedangkan untuk jawaban yang paling banyak salah yaitu pertanyaan mengenai definisi IMS sebanyak 66 orang (97,05%). Dari hasil uji tersebut, maka diharapkan pihak sekolah dapat bekerja sama dengan pihak pelayanan kesehatan untuk melakukan penyuluhan mengenai IMS khusunya gonore. Selain itu, diharapkan kepada orang tua siswa agar dapat memberikan informasi atau pengetahuan kepada anak-anaknya mengenai kesehatan reproduksi. Kata Kunci: Infeksi Menular Seksual, Gonore, Pengetahuan, Remaja

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG DISMENOREA DI MAN RUKOH KOTA BANDA ACEH (Fitri Dwi Puspita Sari, S.Ked, 2014)

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT GAMPONG RUKOH BANDA ACEH TENTANG KEGUNAAN GIGI TIRUAN (Makmur Jaya, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN GIZI DENGAN KONSUMSI RNMAKANAN BERSERAT PADA SISWA MAN 3 RUKOH BANDA ACEH (ZUHAIRA, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MANFAAT KONSUMSI SAYUR DENGAN KEMAUAN MENGKONSUMSI SAYUR PADA SISWA SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 20 BANDA ACEH (ISWANDI, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG POLA MAKAN DENGAN GIZI LEBIH SISWA SMPN 1 KOTA SABANG (Desra Lela, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy