//

PENGGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KABUPATEN SIMEULUE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hendry Ismomon - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ismomon, Hendry. 2016. Penggunaan Perangkat Pembelajaran Biologi pada Sekolah Menengah Atas Kabupaten Simeulue. Skripsi, Jurusan Program Studi Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dr. Khairil, M.Si., (2) Dr. Hasanuddin, M.Si. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Guru, Biologi Perangkat pembelajaran adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran dalam mengelolah proses belajar mengajar dapat berupa: silabus, RPP, materi ajar, LKPD, media dan penilaian pembelajaran. Penggunaan perangkat pembelajaran biologi masih belum dapat disesuaikan dengan pelaksaan pembelajaran dan tidak dipergunakan sepenuhnya oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan perangkat pembelajaran biologi di SMA Negeri Kabupaten Simeulue. Tujuannya adalah mengetahui penggunaan perangkat pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 22 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi di kelas setelah guru mengajar, peneliti memberikan angket yang berisi sejumlah pertanyaan tentang penggunaan perangkat pembelajaran biologi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan perangkat pembelajaran silabus sebanyak 95,45%, guru biologi menggunakan RPP dan materi ajar sebanyak 86,36%, menggunakan LKPD sebanyak 59,09%, menggunakan media pembelajaran sebanyak 68,18% dan sebanyak 81,81% guru membuat penilaian pembelajaran. Disimpulkan bahwa pada umumnya guru biologi di SMA Negeri Kabupaten Simeulue telah mempersiapkan kelengkapan perangkat pembelajaran biologi, menggunakan perangkat pembelajaran RPP dan menentukan materi ajar sesuai dengan kurikulum, sebagian guru biologi menggunakan LKPD berdasarkan RPP, namun hanya sebagian kecil guru biologi menggunakan LKPD setiap semester. Sebagian besar guru biologi menggunakan media pembelajaran dan melakukan penilaian pembelajaran, namun hanya sebagian kecil dari guru biologi yang melakukan praktikum di laboratorium dan menyusun rencana remedial. Disarankan agar kiranya guru biologi menggunakan perangkat perangkat pembelajaran biologi secara maksimal, seperti penggunakan LKPD pada setiap semester, melakukan praktikum dan menyusun rencana remedial.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SMP NEGERI DI KABUPATEN GAYO LUES (Husin Sabarudin, 2014)

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI KEBERSIHAN MULUT PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS YANG MENGGUNAKAN PERANGKAT ORTODONTI (SURVEI DI SMAN 3 BANDA ACEH) (RIZKI ANANDA SUCI, 2016)

KEMAMPUAN PENGELOLAAN LABORATORIUM FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (MELISMAYANTI, 2014)

PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN SEKOLAH OLEH GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI 1 SEUNUDON KABUPATEN ACEH UTARA (Asmahani, 2013)

PENGARUH PROGRAM PEMBELAJARAN GURU DAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI 5 MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT (Salbidah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy