//

PEMETAAN ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang khairunnas - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengadakan pemetaan alih fungsi lahan sawah di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk penggunaan lahan pada masa yang akan datang dengan melihat alih fungsi lahan sawah di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Mei 2015 di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar dan analisis peta dilakukan di Laboratorium Penginderaan Jauh dan Kartografi Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey deskriptif yang didasarkan pada hasil observasi di lapangan dengan menggunakan system taktis, berdasarkan peta yang diperoleh dari instansi terkait yaitu :Badan Pertanahan Nasional (BPN), Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Aceh Besar dan data dari Google Earth. Pelaksanaannya meliputi pendekatan, persiapan, kegiatan lapangan, pengumpulan data dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi penurunan luas lahan sawah dari 474 ha pada tahun 2009 menjadi 162 ha pada tahun 2013 di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Selisih bekurangnya lahan sawah sebesar 312 ha (15,32 %), hal ini disebabkan faktor eksternal yaitu faktor pertumbuhan penduduk dan pendapatan masyarakat petani padi. Kemudian faktor internal yaitu faktor lahan yang tidak produktif lagi untuk ditanami padi dan faktor kebijakan yaitu aspek regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat maupun daerah yang berkaitan dengan perubahan fungsi lahan pertanian. kata kunci : pemetaan, lahan, sawah,alih fungsi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH MENJADI LAHAN NON PERTANIAN DI KECAMATAN TANGSE KABUPATEN PIDIE (EKY SULAIKA, 2016)

DAMPAK ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH TERHADAP KONDISI SOISAL EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Yasfir Maarif, 2018)

ANALISIS PERUBAHAN LAHAN SAWAH DAN PEMANFAATAN LAHAN BERDASARKAN TATA RUANG DI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (chairi akmal, 2016)

ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH KE PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN TRUMON KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN 2005-2014 (Rifchi Anggari, 2017)

ANALISIS PENYIMPANGAN LUAS LAHAN SAWAH IRIGASI SECARA SPASIAL DALAM BEBERAPA KECAMATAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Rahayu Ansya Fitri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy