//

PERAMALAN PRODUKSI AIR PDAM TIRTA DAROY MENGGUNAKAN METODE BOX-JENKINS DAN BAGAN KENDALI MOVING RANGE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang yulfita andriani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Analisis data runtun waktu bertujuan untuk memprediksi data runtun waktu untuk beberapa periode mendatang berdasarkan nilai masa lalu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meramalkan produksi air PDAM Tirta Daroy menggunakan metode Box-Jenkins dan hasil peramalan diverifikasi menggunakan bagan kendali moving range. Data yang digunakan berupa data bulanan dari Januari 2010 sampai dengan Desember 2014. Penelitian ini membahas tentang langkah-langkah analisis data runtun waktu menggunakan metode Box-Jenkins. Metode ini terdiri dari 3 tahap yaitu, identifikasi model, penaksiran parameter dan pemeriksaan diagnosa. Tahap identifikasi model dilakukan dengan pengidentifikasian model yang dianggap paling sesuai dengan melihat plot ACF dan PACF dari correlogram. Tahap penaksiran parameter dilakukan penaksiran terhadap parameter-parameter dalam model tersebut. Tahap pemeriksaan diagnostik untuk pengujian kesesuaian parameter-parameter yang didapat dari tahap sebelumnya. Setelah didapatkan model terbaik maka langkah terakhir dilakukan peramalan dan hasil peramalan tersebut diverifikasi menggunakan bagan kendali moving range. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model ARMA (1,0,1) merupakan model yang paling layak untuk meramalkan produksi air PDAM Tirta Daroy, hasil ramalan produksi tertinggi yaitu Januari 2015 dan produksi terendah pada Februari 2015 dan hasil peramalan tersebut belum terkendali secara statistik. Kata Kunci : Peramalan, Box-Jenkins, Produksi air

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSEDUR AKUNTANSI PENJUALAN AIR BERSIH PADA PDAM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH (DARMAWAN TRIPOLI, 2018)

PERBANDINGAN ANTARA BAGAN KENDALI SHEWHART DAN EWMA DALAM MENDETEKSI PERGESERAN RATA-RATA YANG KECIL PADA PROSES PRODUKSI (Cut Reza Martha Shella, 2015)

ANALISIS EKONOMI FUNGSI BIAYA PRODUKSI, PENETAPAN TARIF DAN ALOKASI AIR MINUM YANG EFISIEN : STUDI KASUS DI PDAM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH (Yushar, 2016)

UJI KUALITATIF ESCHERICHIA COLI PADA AIR MINUM PDAM TIRTA DAROY DI EMPAT KELURAHAN DI KECAMATAN KUTA ALAM RNKOTA BANDA ACEH (Rafsanjani, 2015)

SISTEM PENERIMAAN BIAYA PENDAFTARAN PELANGGAN BARU PADA PDAM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH (BAIHAQI AZAMI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy