//

SINTESIS DAN KARAKTERISASI PIGMEN MERAH HEMATIT (α-FE2O3) DARI PASIR BESI LAMPANAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Fajri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sintesis dan karakterisasi pigmen merah hematit (α-Fe2O3) dari pasir besi Lampanah Aceh Besar telah dilakukan dengan memvariasikan waktu milling selama 10 dan 20 jam serta variasi waktu kalsinasi selama 1, 2 dan 3 jam. Tujuan penelitian ini adalah untuk memanfaatkan pasir besi yang terdapat di Lampanah Aceh Besar sehingga dapat dijadikan alternatif bahan dasar pembuatan pigmen merah hematit (α-Fe2O3).Metode penelitian yang digunakan adalah presipitasi. Karakterisasi dilakukan mengunakan XRD, pH dan colorimeter. Hasil yang diperoleh adalah pigmen merah hematit (α- Fe2O3) yang berhasil disintesis pada suhu 700℃ dengan variasi waktu 1, 2 dan 3 jam tanpa harus mensintesis pigmen kuning terlebih dahulu. Persentase kemiripan jumlah puncak pigmen pasir besi (PPB) yang di-milling selama 10 jam pada waktu kalsinasi 1, 2 dan 3 jam masing masing berturut-turut adalah: 1 7,8%., 7,8% dan 9,0%, sementara pigmen pasir besi yang di-milling selama 20 jam masing-masing berturut-turut adalah 7,8%., 11,2% dan 8,2%. pH pigmen yang dihasilkan pada waktu kalsinasi 1, 2 dan 3 jam memenuhi standar ASTM (American Standard Testing Material). Nilai ΔE untuk PPB tidak memenuhi standar, baik standar komersil maupun standar Internasional. Variasi waktu kalsinasi mempengaruhi jumlah puncak yang terbentuk. Waktu kalsinasi optimum PPB terjadi pada waktu kalsinasi 2 jam. Kata Kunci: Pasir besi, pigmen besi oksida, hematit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SINTESIS DAN KARAKTERISASI PIGMEN MERAH HEMATIT (α-FE2O3) DARI BATUAN BIJIH BESILHOONG, ACEH BESAR (kausar finawan, 2016)

SINTESIS PIGMEN MERAH HEMATIT (α-FE2 O3) BERBAHAN DASAR LIMBAH INDUSTRI BAJA (MILL SCA LE) DAN PASIR BESI ACEH (Maya Ulfa, 2015)

PEMANFAATAN HEMATIT DARI BATUAN MINERAL BIJIH BESI ALAM ACEH SEBAGAI ADSORBEN ANORGANIK UNTUK ADSORPSI ION LOGAM TIMBAL 2+ (NAZARUDDIN HARIANDY, 2018)

PEMANFAATAN PASIR BESI PADA SINTESIS FOTOKATALIS FE2O3/TIO2 DAN UJI AKTIVITASNYA PADA DEGRADASI ZAT WARNA INDIGO KARMIN (Masyithah, 2017)

PEMANFAATAN BIJIH BESI PADA SINTESIS FOTOKATALIS α-FE2O3/TIO2 DAN UJI AKTIVITASNYA PADA DEGRADASI ZAT WARNA INDIGO KARMIN (Ibnu Hajar Al-Haitami, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy