//

HUBUNGAN JUMLAH ESCHERICHIA COLI PADA SUSU KAMBING DENGAN HIGIENE PEMERAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Nova Aprianti Rizqi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Susu merupakan bahan pangan yang bergizi tinggi namun sangat rentan terhadap kontaminasi mikroorganisme. Penelitian ini bertujuan untuk menilai higiene susu dan hubungannya dengan higiene pemerah. Sampel susu kambing dan usap tangan pemerah digunakan untuk mendeteksi jumlah E.coli. Tingkat higiene pemerah diketahui dengan melakukan wawancara. Jumlah E.coli dihitung dengan metode Total Plate Count (TPC). Sampel dipupuk dalam media Eosin Methylen Blue Agar (EMBA), diinkubasi 24 jam pada suhu 37˚C. Data dianalisis dengan uji korelasi pearson untuk mengetahui hubungan antara jumlah E.coli pada susu dan higiene pemerah. Jumlah E.coli pada susu dan pada tangan pemerah ditampilkan secara deskriptif. Cemaran E.coli pada susu rata-rata adalah 8,7 x 104 cfu/ml pada pagi hari dan 7,3 x 104 cfu/ml pada sore hari. Jumlah E.coli pada tangan pemerah rata-rata adalah 8,4 x 104 cfu/cm2 pada pagi hari dan 6,6 x104 cfu/cm2 pada sore hari. Hasil analisa data diperoleh adanya hubungan yang signifikan antara jumlah E.coli pada susu dengan higiene pemerah (p = 0,001). Berdasarkan hasil wawancara higiene pemerah tergolong dalam kriteria kurang. Penelitian ini disimpulkan bahwa pemerah memiliki kontribusi terhadap peningkatan jumlah E.coli pada susu. Kata kunci : Susu, higiene, E.coli, TPC

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN JUMLAH ESCHERICHIA COLI PADA SUSU KAMBING DENGAN HIGIENE PEMERAH (Cut Nova Aprianti Rizqi, 2014)

JUMLAH CEMARAN TOTAL PLATE COUNT (TPC) DAN ESCHERICHIA COLI SUSU KAMBING SEGAR YANG BERASAL DARI USAHA TERNAK KAMBING PERAH DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Ibnu Affan, 2017)

DAYA TAHAN SUSU KAMBING PASTEURISASI YANG BERASAL DARI PETERNAKAN TRADISIONAL KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP ANGKA LEMPENG TOTAL BAKTERI DAN ESCHERICHIA COLI (resni yulia, 2015)

ANALISIS BAKTERIOLOGI SUSU KAMBING (Muhammad Ridho, 2014)

EVALUASI ORGANOLEPTIK SUSU KAMBING FERMENTASI DENGAN PENAMBAHAN BUAH JAMBU BIJI MERAH (dara meutia, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy