//

HUBUNGAN USIA DAN PARITAS IBU TERHADAP RISIKO TERJADINYA PREEKLAMPSIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Nurul Azzahra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Preeklampsia adalah salah satu dari tiga penyebab kematian ibu secara global disamping infeksi dan perdarahan post partum. Banyaknya faktor risiko menyebabkan penyakit ini sukar untuk diprediksi kejadiannya. Penelitian ini bertujuan mencari hubungan antara beberapa faktor risiko preeklampsia, yaitu usia dan paritas. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Banda Aceh dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 182 pasien yang terbagi dalam kelompok kasus dan kontrol. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analitik retrospektif dengan menggunakan data sekunder yang diambil dari rekam medik. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Chi-square untuk mengidentifikasi hubungan antara usia dan paritas terhadap kejadian preeklampsia. Dari hasil analisis didapatkan bahwa usia ibu (p= 0,002 OR 3,10) mempunyai hubungan yang bermakna dengan preeklampsia dan paritas (p= 0,501 OR 1,25) mempunyai hubungan yang tidak bermakna dengan preeklampsia. Kata kunci: preeklampsia, usia, paritas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN USIA DAN PARITAS IBU TERHADAP RISIKO TERJADINYA PREEKLAMPSIA (Cut Nurul Azzahra, 2014)

HUBUNGAN USIA IBU HAMIL DENGAN ANGKA KEJADIAN PREEKLAMPSIA DI RSUDZA (Cut Meurah Intan, 2014)

HUBUNGAN USIA, PARITAS, DAN USIA KEHAMILAN DENGAN KEGAGALAN INDUKSI PERSALINAN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BANDA ACEH (Indra Patria, 2014)

HUBUNGAN USIA, PARITAS, DAN USIA KEHAMILAN DENGAN KEGAGALAN INDUKSI PERSALINAN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BANDA ACEH (Indra Patria, 2016)

GAMBARAN PREEKLAMPSIA DENGAN BERAT BADAN LAHIR DI RSUD DR ZAINOEL ABIDIN TAHUN 2011 (Shiddiq Wiratama, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy