//

IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUZAYYIN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Muzayyin. 2016. Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Ekonomi Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Kota Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Ruaida, M.Si., (2) Drs. Zakaria. M.Ed Kata Kunci : Kesulitan Guru, Perencanaan, Pelaksanaan, Penilaian, Kurikulum 2013 Pengembangan kurikulun 2013 merupakan langkah lanjutan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang telah dirilis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengatahuan dan keterampilan. Guru adalah salah pihak yang menerima perubahan kurikulum, sebagai faktor utama dalam pelaksanaan dan dituntut untuk mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran. Namun, guru masih mengalami kesulitan dalam menerapkan kurikulum 2013. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kesulitan guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran ekonomi berdasarakan kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskrptif. Data yang diperoleh melalui angket pada guru ekonomi di 9 SMA Negeri Kota Banda Aceh yang berjumlah 25 orang. Analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung persentase sederhana dan rata-rata. Tingkat kesulitan guru dalam perencanaan pembelajaran ekonomi berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Kota Banda Aceh diperoleh skor rata-rata 3,21 dan termasuk dalam katagori biasa saja. Kemudian tingkat kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Kota Banda Aceh diperoleh skor rata-rata 3,18 dan termasuk dalam katagori biasa saja. Sedangkan tingkat kesulitan guru dalam penilaian pembelajaran ekonomi berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Kota Banda Aceh diperoleh skor rata-rata 2,92 dan termasuk dalam katagori biasa saja. Karena tingginya persentase pilihan jawaban sulit pada tahapan penilaian daripada tahapan yang lain, maka tahapan penilaian yang paling sulit dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINJAUAN KESULITAN GURU MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 PADA PROSES PEMBELAJARAN IPA DI SMPN KECAMATAN KOTA SIGLI (Irwansyah Putra, 2017)

IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MTSN 3 ACEH BESAR (Qurrata Aini, 2018)

IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS TINGGI GUGUS MANGGA KECAMATAN JAYA BARU BANDA ACEH (Suhartini, 2017)

KENDALA GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN TERHADAP SIKAP SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 14 BANDA ACEH (Yuni Zuhera, 2016)

ANALISIS KENDALA GURU MATEMATIKA DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SMA KOTA BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017 (Hilda Rahmazani, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy