//

MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI MEDIA BAHAN ALAM DI PAUD IT ANEUK SHALEH CERIA DESA NEUHEUN KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ratna Maulisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Maulisa Ratna, 2016. Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Media Bahan Alam di PAUD IT Aneuk Shaleh Ceria Desa Neuheun Kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dr. Israwati, M.Si (2) Drs. Amsal Amri, M.Pd Kata kunci: kecerdasan naturalis, menggambar bebas, media bahan alam. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana meningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui media bahan alam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui media bahan alam pada anak di PAUD IT Aneuk Shaleh Ceria. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD IT Aneuk Shaleh Ceria dengan jumlah 12 orang anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan unjuk kerja. Untuk melihat peningkatan kecerdasan naturalis, penelitian ini menggunakan kegiatan menggambar bebas menggunakan media bahan alam. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan media bahan alam berupa kunyit, arang, dan ketela. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah bila persentase anak mendapat bintang 3 dan 4 sebanyak 80%. Hasil analisis data menunjukkan, hasil penelitian siklus I menggunakan kunyit, arang, dan ketela menunjukkan bahwa persentase anak yang mendapat bintang 3 dan bintang 4 tidak mencapai angka 80%. Karena pada siklus I belum terdapat peningkatan, maka di lanjutkan pada siklus II. Penelitian siklus II menggunakan kunyit, arang, dan ketela menunjukkan bahwa persentase anak yang mendapat bintang 3 dan bintang 4 mencapai angka lebih dari 80%. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis dapat menyimpulkan bahwa menggambar bebas menggunakan media bahan alam dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak kelompok B PAUD IT Aneuk Shaleh Ceria Desa Neuheun Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI SENTRA BAHAN ALAM PADA PAUD TERPADU DHARMA WANITA KOTA JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR (Dewi Yunisari, 2016)

MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SOM-SOM ANEUK DI PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Misna Hanum, 2018)

PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PADA PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Fatmazahratun Nuraini, 2016)

PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN LABIRIN DI PAUD JANTONG HATEE MA KABUPATEN BIREUEN (Nanda Safira, 2018)

PENGENALAN MINAT MEMBACA PADA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TAMAN KANAK KANAK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (TK-PAUD) MUTIARA HATI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN SIMEULUE (Salmawati, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy