//

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII-6 MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmi Keumalasari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Keumalasari, Rahmi. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik pada Materi Prisma dan Limas di Kelas VIII-6 MTsN Model Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Salasi R, M.Pd., (2) Dra. Suryawati, M.Pd Kata Kunci : pendekatan saintifik, hasil belajar, prisma dan limas Pembelajaran matematika yang masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang konvensional menyebabkan siswa kesulitan memahami pelajaran dan hasil belajar siswa cenderung rendah. Selain itu, siswa akan merasa kurang antusias terhadap penyampaian materi akibatnya banyak siswa yang bersikap pasif dalam proses belajar mengajar. Salah satu pendekatan pembelajaran yang diamanatkan oleh kurikulum 2013 dan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar adalah pendekatan saintifik yaitu pembelajaran yang menekankan pada keterampilan proses yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi prisma dan limas dengan menerapkan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh, 2) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh, 3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran prisma dan limas dengan menerapkan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain eksperimen, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 MTsN Model Banda Aceh yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, lembar observasi kemampuan guru, dan respon siswa. Kesimpulan yang diperoleh adalah 1) hasil belajar siswa pada materi prisma dan limas dengan menerapkan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh yang mencapai ketuntasan sebesar 94,44 % 2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh tergolong baik, 3) respon siswa terhadap pembelajaran prisma dan limas dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh adalah positif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMPN 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Padliadi, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (DESI SUSTIANA NASTI, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (Erlin Andriany, 2014)

PENDEKATAN PEMBELAJARAN INDUKTIF PADA MATERIRN BANGUN RUANG PRISMA DAN LIMAS DI MTSN RUKOH RNTAHUN PELAJARAN 2013/2014 (SRI WAHYUNI, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERISTATISTIKADI KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Rifka Nadia, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy