//

STRATEGI PEMASARAN DAN UPAYA PEMERINTAH KABUPATEN SIMEULUE DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (KAJIAN TERHADAP EKONOMI KELAUTAN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ARIQ ABKAGASI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) adalah salah satu bagian dari Asean Vision 2016 yang diharapkan dapat meningkatkan stabilitas perekonomian dikawasan ASEAN, serta diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah dibidang ekonomi antar negara ASEAN, Indonesia sebagai negara anggota ASEAN juga harus bersiap dalam rangka menghadapi MEA. Seperti halnya Simeulue, salah satu Kabupaten di Aceh yang terkenal hasil lautnya ini seharusnya telah memiliki kebijakan-kebijakan terkait dengan MEA. Namun nyata nya Kabupaten Simeulue belum memiliki kebijakan-kebijakan khusus terkait dengan MEA. Faktor dari kurangnya informasi tentang MEA, tidak adanya kebijakan dari pemerintah pusat, letak wilayah yang terluar, dan faktor lain yang berkaitan dengan lambatnya proses ekspor impor yang menjadi penghambat bagi Pemerintah Kabupaten dalam menentukan kebijakan khusus terkait kesiapan Pemerintah dalam menghadapi MEA. Sedangkan strategi pemasaran yang diambil oleh pemerintah Simeulue adalah memberi pelatihan pengalengan hasil kelautan, pelatihan pengelolaan hasil laut jadi produk siap jadi seperti bakso, kerupuk teripang dan produk lainnya. pemerintah juga telah membangun pabrik es untuk menjaga kualitas hasil laut nelayan yang akan diekspor keluar. Dilihat dari peluang Indonesia khususnya Kabupaten Simeulue sangat Menguntungkan dan berpeluang meningkatkan perekonomian masyarakat. Dikarenakan mempunyai komoditi unggulan yang berupa hasil kelautan yang sangat diminati dipasar global. Kata Kunci : MEA, Ekonomi Politik, Peluang dan Kebijakan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH ACEH DALAM SOSIALISASI MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) TAHUN 2015 (STUDI DESKRIPTIF PADA DINAS PERINDUTRIAN DAN PERDAGANGAN ACEH) (Savrina Lukman, 2016)

ANALISIS KOMPARATIF ZAKAT TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI ANTAR NEGARA ASEAN (ARFAH MAHFUZHA, 2018)

PERAN RUANG PUBLIK DALAM PROSES PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK (STUDI ANALISA PADA WARUNG KOPI DI KOTA BANDA ACEH TERKAIT KEBIJAKAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN) (Tata Moeda Taqwa, 2017)

KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN SIMEULUE DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DENGAN MEMANFAATKAN TANAMAN PISANG ABACA (Isnur Wahyudi, 2015)

KEARIFAN LOKAL SMONG MASYARAKAT SIMEULUE DALAM KESIAPSIAGAAN BENCANA 12 TAHUN PASCA TSUNAMI (Rasli Hasan Sari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy