//

ANALISIS KAPASITAS GESER PADA BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI DENGAN VARIASI ADITIF DAN SUBSTITUSI AGREGAT( PENELITIAN DENGAN MENGGUNAKAN CANGKANG SAWIT, FLY ASH BATU BARA DAN PASIR POZZOLAN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sukma Merriza - Personal Name
SubjectSTRUCTURAL ENGINEERING
CONCRETE-BUILDING CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Beton mutu tinggi dibentuk dengan nilai FAS yang rendah, sehingga membutuhkan semen dalam jumlah yang besar, agregat serta penggunaan bahan tambahan / additive (silica fume) dan admixture superplasticizer. Sementara itu ketersediaan material yang berasal dari sungai dan batuan alam semakin berkurang jumlahnya. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang penggunaan bahan tambahan pengganti tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapasitas geser balok beton bertulang mutu tinggi dengan variasi aditif dan substitusi agregat yaitu cangkang sawit, pasir pozzolan dan fly ash batubara. Pada penelitian ini diuji 7 buah balok berukuran 15 x 30 x 220 cm untuk masing-masing aditif dan substitusi agregat sebanyak satu benda uji dan satu benda uji balok normal. Benda uji didisain untuk mengalami gagal geser. Mutu baja (fy) yang digunakan untuk tulangan pokok sebesar 462,24 MPa dan tulangan geser sebesar 423,46 MPa, tulangan tarik yang digunakan berdiameter 18,9 mm ulir, tulangan tekan diameter 15,8 mm ulir dan tulangan geser diameter 5,68 mm polos. Kuat tekan Beton Mutu Tinggi (BMT) tanpa variasi aditif dan substitusi agregat (normal) yang didapat sebesar 60,652 MPa dengan FAS 0,30. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua balok mengalami gagal geser sesuai yang direncanakan. Kapasitas geser balok normal yang dihasilkan sebesar 2,285. Lendutan maksimum untuk variasi aditif didapat pada BMT cangkang sawit aditif (CSA) dengan persentase besarnya lendutan terhadap BMT normal sebesar 146,310% dengan beban maksimum 227,002 kN, sedangkan untuk variasi substitusi agregat halus didapat pada BMT Pasir Pozzolan (PPAH) dengan persentase besarnya lendutan 143,511% dengan beban 233,378 KN. Perbandingan daktilitas balok BMT cangkang sawit agregat kasar (CSAK) terhadap balok BMT normal sebesar 115,544%, sedangkan pada balok BMT PPAH 73,105%. Dapat disimpulkan variasi aditif dan substitusi agregat dapat meningkatkan nilai lendutan dan daktilitas beton mutu tinggi. Cangkang sawit memiliki nilai yang terbaik dan sangat efektif untuk digunakan Kata Kunci : Balok Beton Bertulang Mutu Tinggi, Kapasitas Geser, Aditif, Substitusi Agregat, Lendutan, Daktilitas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SUBSTITUSI SEMEN, AGREGAT HALUS, DAN AGREGAT KASAR TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT GESER MURNI BETON MUTU TINGGI. (PENGGUNAAN FLY ASH BATU BARA, CANGKANG SAWIT, PASIR POZZOLAN DAN NANOMATERIAL BIJIH BESI). (NORA USRINA, 2017)

ANALISIS KAPASITAS GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI MENGGUNAKAN KERAK BOILER CANGKANG SAWIT DAN PASIR POZZOLAN SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT HALUS (Tetiana Zulakhiar, 2016)

ANALISIS KAPASITAS LENTUR PADA BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI DENGAN VARIASI ADITIF DAN SUBSTITUSI AGREGAT (Lissa Opirina, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN SUBSTITUSI ADITIF, AGREGAT HALUS, AGREGAT KASAR DAN PENAMBAHAN FILLER BIJIH BESI TERHADAP KUAT TEKAN DAN DAKTILITAS BETON MUTU TINGGI HYBRID (Fauzan Z, 2017)

PENGARUH PENGGUNAAN SUBSTITUSI ADITIF, AGREGAT HALUS, AGREGAT KASAR DAN FILLER BIJIH BESI TERHADAP KUAT TARIK BELAH DAN KUAT TARIK LENTUR BETON MUTU TINGGI HYBRID (Nurkhalis, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy