//

PENERAPAN MODEL MIMIC UNTUK MENGKAJI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN TRANS KOETARADJA DI KORIDOR I (PUSAT KOTA - DARUSSALAM) MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN TRANS KOETARADJA DI KORIDOR I (PUSAT KOTA - DARUSSALAM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khalida Surya - Personal Name

Abstrak/Catatan

Akibat peningkatan pendapatan masyarakat dan tingginya angka kepemilikan kendaraan pribadi di Banda Aceh mengakibatkan permasalahan transportasi yang serius, diantaranya adalah kemacetan. Penduduk Kota Banda Aceh cenderung menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan pergerakan yang berupa aktivitas sehari-hari. Ketergantungan masyarakat kepada moda transportasi pribadi merupakan faktor utama terjadinya kemacetan di Kota Banda Aceh. Untuk itu, pemerintah Aceh menerapkan kebijakan pengoperasional Trans Koetaradja sebagai kebijakan untuk mengurangi dampak kemacetan. Persepsi masyarakat merupakan salah satu aspek penting dalam pengambilan kebijakan penerapan Trans Koetaradja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji persepsi masyarakat terhadap kebijakan Trans Koetaradja terutama pada wilayah I (Pusat Kota - Darussalam). Metode pengambilan data yang digunakan adalah Stated Preference (SP) dengan jumlah 150 responden secara acak bertingkat (random stratified sampling). Kuesioner SP berisikan informasi tentang sosial-ekonomi, perilaku perjalanan, dan persepsi responden. Pengolahan dan analisa data menggunakan model Multiple Indicators Multiple Causes (MIMIC) yang parameter regresinya di kalibrasi menggunakan software Lisrel 9.2 (trial) menghasilkan model yang terdiri dari model pengukuran dan model structural. Model pengukuran menghasilkan persepsi terhadap “pemahaman tentang kebijakan Trans Koetaradja” menjadi variabel yang paling signifikan (t-value, 6,55), kemudian diikuti “kesesuaian kebijakan Trans Koetaradja” (t-value, 3,83) dan kemudian variabel ketiga “permasalahan kendaraan pribadi” (t-value 2,53). Model struktural menghasilkan lima persamaan regresi berganda dengan faktor-faktor yang mempengaruhi adalah jenis kelamin dengan mayoritas wanita (52,7%), pendapatan responden terbanyak berkisar dibawah 3 juta (53 %) . Jumlah responden yang memiliki pendidikan akhir SMA dan dibawahnya (62,7%) status pekerjaan di dominasi oleh mahasiswa (56,7%), dan terakhir adalah tujuan melakukan perjalanan yang di dominasi oleh komuter (92%). Berbagai indeks ketepatan model MIMIC yaitu Comparative fit index 0,95 ≥ 0,9 Adjusted good fit index 0,95 ≥ 0,9 dan Root Mean Square Equation Approximation 0,043 ≤ 0,053 menunjukkan bahwa struktur model dapat diterima untuk menjelaskan hubungan antar variabel-variabel laten maupun terukur yang digunakan. Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Stated Preference, Model MIMIC

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN TRANS KOETARADJA MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING PADA KORIDOR IV(PUSAT KOTA - AJUN - LHOKNGA) (TJUT RIZQI MAYSYARAH HADI, 2018)

PEMODELAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN TRANS KOETARADJA (STUDI KASUS PUSAT KOTA – MATA IE DAN PUSAT KOTA – AJUN – LHOKNGA) (Muhammad Merfazi, 2018)

PENERAPAN MODEL MIMIC UNTUK MENGKAJI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN TRANS KOETARADJA DI KORIDOR I (PUSAT KOTA - DARUSSALAM) MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN TRANS KOETARADJA DI KORIDOR I (PUSAT KOTA - DARUSSALAM) (Khalida Surya, 2016)

KAJIAN PELAYANAN SARANA DAN PRASARANA BUS TRANS KOETARADJA DI KAWASAN KAMPUS DARUSSALAM (Teuku M Kautsar, 2017)

PEMODELAN PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN BUS TRANS KOETARADJA DI KORIDOR I APK KEUDAH – DARUSSALAM) (Rafita Varia Nensis, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy