//

HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN STATUS KESEHATAN DAN STATUS GIZI BALITA DI GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTA RAJA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khuzaimah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Khuzaimah. 2016. Hubungan Sanitasi Lingkungan dengan Status Kesehatan dan Status Gizi Balita Di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh. Skripsi , Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si., (2) Dra. Fitriana, M.Si. Kata Kunci : sanitasi lingkungan, status kesehatan, status gizi. Penelitian yang berjudul “Hubungan Sanitasi Lingkungan dengan Status Kesehatan dan Status Gizi Balita Di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh” telah dilaksanakan pada tanggal 03 Maret sampai dengan 07 Maret 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sanitasi lingkungan dengan status kesehatan dan status gizi balita di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu balita yang mempunyai balita yang tinggal di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh 180 orang. Penentuan objek dilakukan secara purposive sampling dengan kriteria bersedia menjadi responden, balita terdaftar di di posyandu Gampong Jawa Kecamatan Kutaraja Banda Aceh, ibu yang membawa balita yang data ke Posyandu dan ibu yang mempunyai balita, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 45 balita. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasional dengan pendekatan Cross-sectional. Teknik pengumpulan dengan menggunakan angket dan melakukan pengukuran antropometri. Data status gizi dianalisis menggunakan Z-scor, untuk menentukan tingkatan korelasi digunakan rumus korelasi product memont dan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sanitasi lingkungan dengan status kesehatan balita, sedangkan sanitasi lingkungan dengan status gizi balita di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh tidak memiliki hubungan yang signifikan. Kesimpulan: yang diperoleh dari penelitian ini adalah status kesehatan balita dipengaruhi oleh sanitasi lingkungan. Sedangkan status gizi balita di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh tidak dipengaruhi oleh sanitasi lingkungan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI PROTEIN HEWANI DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK BALITA DI GAMPONG LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (RIZKI AKMALIDA, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS GIZI IBU HAMIL DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Isnawati, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU-IBU YANG MEMPUNYAI BALITA TENTANG PROGRAM POSYANDU DENGAN STATUS GIZI BALITA DIKECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE (Cut Nafitri, 2015)

ANALISIS FAKTOR RISIKO TERHADAP KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI PUSKESMAS INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Ummul Akla, 2015)

HUBUNGAN POLA ASUH IBU DENGAN STATUS GIZI ANAK BALITA DI DESA PERKEBUNAN SERUWAY KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG (FAZRINA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy