//

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG ALAT PERMAINAN EDUKATIF DENGAN PERKEMBANGAN ANAK DI TK KARTIKA XIV-12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang aris gunawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perkembangan adalah bertambahnya keterampilan dan intelegensi anak sesuai dengan bertambahnya usia. Salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan yaitu dengan menggunakan alat permainan edukatif, karena alat permainan edukatif adalah alat yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak. Maka dibutuhkan pengetahuan yang baik pada setiap ibu sehingga dapat mengasuh atau mendidik anaknya agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tahapan perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan ibu mengenai alat permainan edukatif dengan perkembangan anak di TK Kartika XIV-12 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Pengetahuan ibu diukur melalui wawancara dengan mengunakan kuesioner dan perkembangan anak diukur dengan menggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Sampel pada penelitian ini adalah anak yang bersekolah di TK Kartika XIV-12 beserta orang tuanya sebanyak 57 anak dan orang tuanya yang diambil secara accidental sampling dari tanggal 27 Februari 2013 sampai 22 Maret 2013. Hasil uji Spearman menunjukkan terdapat hubungan pengetahuan ibu tentang alat permainan edukatif dengan perkembangan anak (p value 0,00 < α = 0,1) dengan kekuatan korelasi kuat (0,744). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan pengetahuan ibu tentang alat permainan edukatif dengan perkembangan anak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK BUNGONG SELEUPOEK KOTA BANDA ACEH (MONARIS DARALINA, 2018)

HUBUNGAN STIMULASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) OLEH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA PRASEKOLAH KEMUKIMAN LAMLHEU KECAMATAN SUKAMAKMUR ACEH BESAR (Cinda Syahbrina Riska, 2016)

HUBUNGAN BERMAIN DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Aina Fitri, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI MOTORIK HALUS DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PERTIWI KECAMATAN LHOKNGA (NOVI INTAN MELANI, 2016)

PENGGUNAAN PERMAINAN TANGRAM UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH (Rizki Itawari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy