//

PENGGUNAAN OBAT ANTI-INFLAMASI NONSTEROID ORAL DAN TIMBULNYA DISPEPSIA PADA PENDERITA OSTEOARTRITIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reza Arsalan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) merupakan salah satu pengobatan pada osteoartritis yang terdiri dari sekelompok obat yang heterogen akan tetapi mempunyai banyak kesamaan baik efek terapeutik maupun efek samping. Obat ini bekerja terutama dengan cara menghambat pembentukan mediator inflamasi sehingga dapat mencegah dan mengurangi terjadinya inflamasi. Salah satu efek samping yang ditimbulkan oleh OAINS adalah gangguan pada lambung seperti dispepsia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid oral terhadap timbulnya dispepsia pada penderita osteoarthritis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien osteoartritis di Poliklinik Penyakit Dalam dan Poliklinik Orthopedi RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah sampel 46 orang penderita osteoartritis yang menggunakan OAINS. Hasil penelitian didapatkan 29 orang (63%) mengalami dispepsia dan 17 orang (37%) tidak dispepsia dengan yang terbanyak mengkonsumsi OAINS jenis meloxicam yaitu 14 orang (48,3%).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN OBAT ANTIINFLMASI NONSTEROID DENGAN GEJALA KLINIS DISPEPSIA PADA PENDERITA OSTEOARTRITIS BERDASARKAN GASTROINTESTINAL SYMPTOMS SCORE (Dwi Lestari, 2016)

HUBUNGAN JENIS SINDROM DISPEPSIA DENGAN STATUS GIZI PASIEN DI BAGIAN ILMU PENYAKIT DALAM RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Muhammad Haekal, 2016)

HUBUNGAN IMUNOGLOBULIN G ANTI HELICOBACTER PYLORI DAN PEPSINOGEN SERUM PADA PENDERITA ULKUS GASTER DAN NON ULKUS GASTER (dr. Muchlis, 2017)

GAMBARAN DIAGNOSIS ENDOSKOPI PADA PENDERITARNDENGAN KELUHAN DISPEPSIA DI RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dida Eriyani, 2014)

PERBEDAAN INTENSITAS NYERI PADA OSTEOARTRITIS LUTUT GRADE III DAN GRADE IV DENGAN TINDAKAN OPERATIF DAN NON OPERATIF DI POLIKLINIK ORTOPEDI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ANANDITA PUTRI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy