//

ANALISIS PERBANDINGAN KUAT TEKAN BETON HASIL UJI HAMMER TEST DAN UJI TEKAN LANGSUNG UNTUK FAS 0,70 DAN 0,75

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tia Firanda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kekuatan tekan merupakan salah satu kinerja utama beton. Kualitas beton harus sesuai dengan spesifikasi struktur untuk memastikan kekuatan stabilitas struktur, oleh karena itu diharuskan memverifikasi hal tersebut dengan cara melakukan pengujian kuat tekan beton. Di dalam mengevaluasi kekuatan beton, compression test menjadi standar untuk mengetahui kualitas suatu struktur secara keseluruhan, namun untuk menghasilkan kekuatan tekan dengan metode yang berbeda perlu dilakukan perbandingan hasil pengujian kuat tekan beton di laboratorium dengan menggunakan dua metode yaitu metode hammer dan kuat tekan langsung. Pengujian kuat tekan dilakukan terhadap benda uji silinder beton dengan variasi Faktor Air Semen 0,70 dan 0,75 diuji pada umur 14, 21, dan 28 hari. Pengumpulan data untuk metode hammer test dilakukan di laboratorium dengan mengambil 10 tembakan pada arah vertical kebawah pada setiap benda uji silinder dengan jarak pengambilan 2,5cm. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh nilai perbandingan antara kuat tekan uji hammer dengan nilai uji kuat tekan langsung. Dari hasil penelitian diperoleh nilai koreksi pada umur beton 14 hari untuk FAS 0,70 yaitu 93,62% untuk FAS 0,75 yaitu 69,73% dan pada umur 28 hari untuk FAS 0,70 diperoleh nilai 116,89% untuk FAS 0,75 diperoleh 94,57%. Hasil perbandingan tersebut menunjukkan bahwa pada umur beton yang lebih muda nilai perkerasan hanya terjadi pada permukaan atau bagian luar beton, sedangkan beton pada bagian dalam masih belum mengeras dengan sempurna. KATA KUNCI : Kuat Tekan Beton (fc’), Hammer Test, FAS 0,70 dan 0,75

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN KUAT TEKAN BETON HASIL UJI HAMMER TEST DAN UJI TEKAN LANGSUNG UNTUK FAS 0,60 DAN 0,65 (Amirul Mufti, 2017)

ANALISIS PERBANDINGAN KUAT TEKAN BETON HASIL UJI HAMMER TEST DAN UJI TEKAN LANGSUNG UNTUK FAS 0,50 DAN 0,55 (Fatma Dewi Yulyanti, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN KUAT TEKAN BETON HASIL UJI HAMMER TEST DAN UJI TEKAN LANGSUNG UNTUK FAS 0,4 DAN 0,45 (Israk Vuardi, 2016)

PENGARUH PERAWATAN AWAL TERHADAP KUAT TEKAN BETON YANG MENGGUNAKAN BAHAN TAMBAHAN SIKAMENT NN 1%(DENGAN MENGGUNAKAN FAS 0,4) (Muammar Devanan, 2015)

UJI KUAT TEKAN BATA BETON DENGAN CAMPURAN KERTAS DAN ABU SEKAM (Suryadi Hasan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy