//

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI HANDS ON PROBLEM SOLVING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA CAEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Annisa Mustika - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mustika, Annisa. 2016. Penerapan Pembelajaran Kontekstual melalui Hands On Problem Solving pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Suhartati, S.Pd.,M.Pd., (2) Drs. Syahyuzar Kata Kunci: hands on ploblem solving, hasil belajar, kubus dan balok. Kubus dan balok merupakan salah satu materi yang sulit dipahami peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh, hal ini diduga karena metode pembelajaran yang kurang tepat dan menarik. Pembelajaran kontekstual melalui hands on problem solving pada kubus dan balok merupakan salah satu metode yang dapat menarik minat belajar peserta didik karena guru menghadirkan situasi dunia nyata yang berhubungan dengan kubus dan balok sekaligus peserta didik dapat memperoleh pengalaman menyelesaikan masalah melalui bentuk benda fisik yang dapat disentuh tangan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan penerapan pembelajaran kontekstual melalui hands on problem solving pada materi kubus dan balok mencapai kategori baik, 2) Untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam pembelajaran kontekstual melalui hands on problem solving pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen pada satu kelas, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh, sedangkan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 10 Banda Aceh sebanyak 21 orang. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang dilaksanakan setelah pembelajaran kubus dan balok berakhir (post-test) dan lembar observasi aktivitas peserta didik yang dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung. Kesimpulan yang diperoleh adalah hasil belajar peserta didik dengan penerapan pembelajaran kontekstual melalui hands on problem solving pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh mencapai kategori baik dan aktivitas peserta didik selama pembelajaran adalah aktif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN HANDS ON PROBLEM SOLVING PADA MATERI TABUNG KELAS IX SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN 2017/2018 (Rosmidar Tinambunan, 2018)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (IIN ZIKRA MAULIDA, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAHRN(PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA VOLUME BALOK DAN RNKUBUS DALAM SUBTEMA INDONESIAKU BANGSA YANG CINTA DAMAI DI KELAS V SDN 7 JULI RNKABUPATEN BIREUEN (KHALISA, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Rahmad Diyansyah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy