//

OPTIMASI PENJADWALAN OPERASI PLTD PADA PT. PLN (PERSERO) SEKTOR NAGAN RAYA PUSAT LISTRIK LUENG BATA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITERASI LAMDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dani novandi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Energi listrik di Banda Aceh disuplai dari pembangkit diesel, diantaranya PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) PT. PLN (PERSERO) Sektor Nagan Raya Pusat Listrik Lueng Bata Banda Aceh. Dengan total beban perhari yang besar dan terus berubah setiap waktu, maka pembangkit diesel harus dioperasikan untuk tetap memenuhi kebutuhan beban, sehingga biaya bahan bakar pembangkit diesel menjadi lebih mahal. Untuk menghemat biaya bahan bakar maka perlu dilakukan optimasi penjadwalan pada unit pembangkit diesel. Metode iterasi lamda adalah salah satu metode yang efektif untuk meng-optimasi penjadwalan pembangkitan, sedangkan economic dispatch adalah pembagian pembebanan pada setiap unit pembangkit sehingga diperoleh kombinasi unit pembangkit diesel yang dapat memenuhi kebutuhan beban dengan biaya yang optimum. Penelitian ini mengusulkan software MATLAB karena mudah digunakan dan cepat dalam memecahkan masalah economic dispatch. Komponen pada software mencoba untuk menyelesaikan fungsi-fungsi berupa quadratic function dan mengestimasi nilai optimal dari daya yang akan dihasilkan dengan biaya bahan bakar yang paling mungkin. Dengan menggunakan metode iterasi lamda dapat diperoleh total biaya yang lebih ekonomis sebesar Rp. 374.458.799,2 dibandingkan dengan total biaya yang dikeluarkan oleh PT. PLN (PERSERO) Sektor Nagan Raya Pusat Listrik Lueng Bata Banda Aceh sebesar Rp. 381.754.516.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA OPERASI SISTEM DISTRIBUSI DI PT.PLN (PERSERO) RAYON SABANG (Khairul Husni, 2017)

ANALISIS KEBISINGAN PADA LINGKUNGAN SEKITAR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA DIESEL SEKTOR LUENG BATA (Taufan Wijayantara, 2014)

POLA SEBARAN KEBISINGAN DI LINGKUNGAN PLTD (PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA DIESEL) LUENG BATA, BANDA ACEH (Arimi, 2013)

ANALISA PENJADWALAN PEMBEBANAN PADA UNIT PEMBANGKIT MENGGUNAKAN METODE PRIORITY-LIST (Nyimas Putri Pertiwi, 2018)

PEMELIHARAAN EDG (EMERGENCY DIESEL GENERATOR) PADA PT. PLN (PERSERO) PEMBANGKITAN SUMATERA BAGIAN UTARA SEKTOR PEMBANGKITAN NAGAN RAYA 2 X 110 MW (M. Nurdin, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy