//

PENDEKATAN SAVI (SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH PADA MATERI GEOMETRI BIDANG DATAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizky Amalia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Amalia, Rizky. 2016 Pendekatan SAVI (Somatik, Auditori, Visual, Intelektual) Untuk Mengurangi Kecemasan Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh pada Materi Geometri Bidang Datar (1) Dr. Rahmah Johar, M.Pd. (2) Dra. Bintang Zaura, M.Pd Kata kunci: Pendekatan SAVI (Somatik, Auditori, Visual, Intelektual), Kecemasan matematika. Kecemasan merupakan unsur kejiwaan yang menggambarkan suatu keadaan perasaan, keadaan emosional, gelisah, ketidaknyamanan, atau takut. Kecemasan dalam belajar matematika akan membuat sulit berpikir dan berkonsentrasi akibatnya berpengaruh pada prestasi belajar. Guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan menawarkan berbagai pendekatan, salah satunya dengan Pendekatan SAVI (Somatik, Auditori, Visual, Intelektual), yaitu pembelajaran yang menekankan bahwa belajar harus memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa. Penelitian ini mengangkat masalah apakah pendekatan SAVI dapat mengurangi kecemasan belajar matematika siswa dan apakah dengan pendekatan SAVI siswa dapat mencapai nilai ketuntasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X5 dengan jumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket kecemasan belajar matematika siswa. Teknik pengolahan data angket menggunakan uji-t satu pihak yaitu uji-t pihak kiri sedangkan untuk hasil belajar menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil yang diperoleh dari data kecemasan adalah t hitung > t tabel yaitu 2,26 > 1,70 maka tolak H0 sehingga adanya pengurangan kecemasan matematika siswa pada materi geometri bidang datar dengan menerapkan pendekatan SAVI dikelas X5 SMA Negeri 4 Banda Aceh. Hasil penelitian data hasil belajar siswa adalah t hitung > t tabel yaitu 7,08 > 1,70 maka tolak H0 sehingga kesimpulannya hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan SAVI pada materi geometri bidang datar mencapai ketuntasan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIS AUDITORI VISUALDAN INTELEKTUAL (SAVI) PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VIII MTSN MODEL KOTA BANDA ACEH (Andry Yuwanda, 2017)

PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA EDUCATION CARD TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Wiranda Sari, 2017)

KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN MELALUI PENDEKATAN SAVI DI KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Debby Octavia, 2018)

IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X-IS 1 SMAN 5 BANDA ACEH (Yusriadi, 2016)

CARA MENGAJAR GURU PPL PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MEMFASILITASI GAYA BELAJAR SISWA RSBI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012 (Nurul Fajriah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy