//

APLIKASI METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS 2D KONFIGURASI WENNER-SCHLUMBERGER UNTUK IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN JALAN LINTAS BANDA ACEH - MEDAN KM 82-83

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maunazar Ulfah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian untuk menduga struktur bawah permukaan dangkal di kawasan Simpang Beutong Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie. Penelitian dilakukan dengan metode geolistrik resistivitas dengan konfigurasi Wenner-Schlumberger. Pada 2 lintasan sepanjang 96 m dengan spasi 3 m, lintasan dibuat paralel dengan badan jalan dengan arah dari Barat ke Timur. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat tiga lapisan. Lapisan pertama yang dekat dengan permukaan sangat konduktif (30-95 Ωm) dengan kedalaman sekitar 2 - 5 meter, diduga sebagai tanah timbunan. Di bawah lapisan tersebut terdapat lapisan yang relatif resistif (4-10 Ωm) dengan kedalaman 4-19 meter, diduga sebagai pasir lempungan. Lapisan ketiga dengan resistifitas (0-2 Ωm) dengan kedalaman 7-18 meter, diduga sebagai lempung berair. Lapisan tersebut memiliki nilai resistivitas yang rendah yang diduga lapisan lempung berair yang menyebabkan daerah tersebut sering terjadinya penurunan badan jalan. Dari interpretasi data tersebut didapatkan zona minor fault (patahan minor) diduga menjadi penyebab penurunan pada badan jalan. Kata kunci : Geolistrik, konfigurasi Wenner-Sclumberger, resistivitas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI KEDALAMAN DAN STRUKTUR LAPISAN BAWAH PERMUKAAN JEMBATAN LAMNYONG BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS 2D (Cut Putri Handayani, 2015)

APLIKASI METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS 2D KONFIGURASI WENNER-SCHLUMBERGER UNTUK IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN JALAN LINTAS BANDA ACEH - MEDAN KM 82-83 (Maunazar Ulfah, 2016)

IDENTIFIKASI STRUKTUR RESISTIVITAS DANGKAL MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI WENNER-SCHLUMBERGER DI KAWASAN GUNUNG JABOI, KOTA SABANG (meila puspita, 2016)

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS DI AREA PANAS BUMI GUNUNG BUR NI TELONG KABUPATEN BENER MERIAH (Noni Ranggayoni, 2015)

IDENTIFIKASI POTENSI AIR TANAH MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS DI DESA MATA IE ACEH BESAR (Novia Andriani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy