//

ANALISIS KECEPATAN GELOMBANG GESER DI AREA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG KALENG, SABET, ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fatma Rizki - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan sebuah penelitian tentang karakteristik lapisan permukaan dangkal menggunakan gelombang Rayleigh di area pembangunan jembatan Krueng Kaleng, Sabet, Aceh Jaya pada bulan Januari 2016 dengan jumlah lintasan sebanyak tiga lintasan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kecepatan gelombang geser Vs guna untuk mengidentifikasi keberadaan lapisan tanah keras untuk mendukung pembuatan pondasi jembatan dengan menggunakan metode seismik MASW (Multichannel Analysis of Surface Wave) dengan konfigurasi perpindahan sumber (moving source) dan konfigurasi geometri continuous fixed receivers spread. Penelitian ini dilakukan pada 3 lintasan dengan total panjang lintasan 1 dan 2 sepanjang 70,5 m dan lintasan 3 sepanjang 100,5 m. Dari hasil pengolahan data menggunakan Software SeisImager diperoleh kedalaman hingga 27 m. Pada lintasan 1 diperoleh tiga lapisan tanah, yaitu lapisan tanah lunak (SE) dengan nilai Vs 70-160 m/s, lapisan tanah sedang (SD) nilai Vs 180-350 m/s, dan lapisan tanah keras (SC) dengan nilai Vs 360-500 m/s. Pada lintasan 2 diperoleh tiga lapisan tanah, yaitu lapisan tanah lunak (SE) Vs 120-160 m/s, lapisan tanah sedang (SD) Vs 180-350 m/s, dan lapisan tanah keras (SC) Vs 360-500 m/s. Sedangkan untuk lintasan 3 diperoleh dua klasifikasi lapisan tanah yaitu lapisan tanah sedang (SD) Vs 200-350 m/s dan lapisan tanah keras (SC) Vs 360-500 m/s. Kata Kunci : Gelombang Rayleigh, Metode MASW, SeisImager, Klasifikasi Tanah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN PADA AREA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG KALENG, SABET, ACEH JAYA MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DAN METODE GEOLISTRIK (Intan Maullida, 2016)

APLIKASI METODE MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE (MASW) UNTUK IDENTIFIKASI LONGSOR DI PERUMAHAN PERSAHABATAN INDONESIA – TIONGKOK, NEUHEUN, ACEH BESAR (Sailul Rizki, 2018)

ANALISIS VP/VS RATIO MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DAN MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVES DI AREA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG KALENG, SABET, ACEH JAYA (Tika Hapsari, 2016)

KARAKTERISTIK LAPISAN PERMUKAAN DANGKAL MENGGUNAKAN GELOMBANG RAYLEIGH DI KECAMATAN KUTA ALAM, BANDA ACEH (Muhammad Budi, 2015)

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS DAN INDUCED POLARIZATION (IP) PADA AREA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG KALENG, SABET, ACEH JAYA (Redhani Gemasih, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy