//

PENGARUH TORSIO TESTIS TERHADAP PENURUNAN JUMLAH SEL LEYDIG TESTIS KONTRALATERAL PADA TESTIS TIKUS (RATTUS NORVEGICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Apif Aulia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Infertilitas adalah suatu keadaan, yang mana pasangan suami istri tidak dapat menghasilkan keturunan dalam 1 tahun dengan aktivitas seksual aktif tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Torsio testis merupakan salah satu faktor penyebab infertilitas yang dapat menyebabkan berbagai dampak pada testis dan jaringan disekitarnya. Selain itu unilatelar torsio testis dapat berdampak pada histologi testis kontralateralnya. Dari semua efek yang terjadi pada testis kontralateral salah satunya berefek terhadap penghambat poliferasi dan fungsi Sel Leydig yang berfungsi menghasilkan testosteron untuk pertumbuhan dan pembelahan sel-sel germinal testis, yang merupakan tahap pertama pembentukan sperma. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perubahan yang diakibatkan oleh detorsi torsio testis unilateral pada penurunan jumlah sel Leydig testis kontralateral dan setelah di detorsi selama 30 hari. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen laboratorik dengan pendekatan post test only control dan menggunakan teknik pengelompokan rancangan acak lengkap (RAL) dengan menggunakan 3 kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi penurunan jumlah sel Leydig testis kontralateral pada kelompok detorsi torsio testis 4 jam dan 30 hari pasca detorsi torsio testis 4 jam ( P0,05 ). Kata Kunci : Torsio Testis, Kontralateral, Sel Leydig

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH TORSIO TESTIS TERHADAP PENURUNAN JUMLAH SEL LEYDIG TESTIS KONTRALATERAL PADA TESTIS TIKUS (RATTUS NORVEGICUS) (Apif Aulia, 2014)

PENGARUH TORSIO TESTIS TERHADAP PENURUNAN JUMLAH SEL LEYDIG TESTIS KONTRALATERAL PADA TESTIS TIKUS (RATTUS NORVEGICUS) (Apif Aulia, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA VAL) TERHADAP SEL LEYDIG PASCA DETORSIO TESTIS IPSILATERAL PADA TIKUS (RATTUS NORVEGICUS)RNSTRAIN WISTAR (Isnanil Husna, 2014)

PENGARUH TORSIO TESTIS IPSILATERAL TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA TESTIS KONTRALATERAL TIKUS(RATTUS NORVEGICUS) STRAIN WISTAR (MUHAMMAD RASYID RIDHO, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA VAL)TERHADAP SEL SERTOLI TESTIS KONTRALATERAL PASCA TORSIO TESTIS PADA TIKUS PUTIH(RATTUS NORVEGICUS) (Nisa Winanda, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy