//

PENGARUH SUBSTITUSI AGREGAT HALUS DENGAN PECAHAN KERAMIK TERHADAP KUAT TEKAN BETON DENGAN NILAI FAS 0,40

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yunitaningsih - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan material alternatif pembentuk beton dan untuk mengetahui pengaruh keramik terhadap kuat tekan beton normal. Faktor air semen yang digunakan adalah 0,40 dan ukuran diameter keramik yang digunakan adalah lolos saringan 4,76 mm dan tertahan disaringan no.200 dengan persentase 30% dan 60%. Benda uji yang digunakan adalah silinder dengan diameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Jumlah benda uji keseluruhan adalah 30 buah benda uji, dimana 5 buah benda uji untuk setiap perlakuan yaitu persentase agregat keramik dan umur beton, serta 5 buah benda uji sebagai benda uji pengontrol. Benda uji yang telah dilakukan pengecoran diberi nama, tanggal pengecoran dan tanggal akan dilakukan pengujian, kemudian benda uji dimasukkan ke dalam bak perendaman air selama 5 hari dan 26 hari tergantung dari umur rencana sebelum dilakukan pengujian. Pengujian kuat tekan beton dilakukan pada umur 7 hari dan 28 hari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beton dengan menggunakan agregat keramik secara umum kuat tekan beton yang dihasilkan meningkat tetapi tidak signifikan. Pada persentase 30% dan 60% terjadi peningkatan bila dibandingkan dengan kuat tekan benda uji kontrol (0%). Kuat tekan maksimum yang diperoleh adalah pada beton dengan persentase agregat keramik 60% pada umur 28 hari yaitu, sebesar 47,592 MPa, mengalami kenaikan sebesar 12,90% dari kuat tekan benda uji kontrol 42,153 MPa. Hasil pengujian modulus elastisitas beton maksimum yang diperoleh adalah pada persentase agregat keramik 30% yaitu sebesar 22.844,2 MPa. Pola retak hasil pengujian kuat tekan memperlihatkan jenis retak cone, columnar dan cone and shear sebagai jenis kehancuran pada beton penggantian keramik. Berdasarkan hasil penelitian ini agregat keramik dapat digunakan sebagai alternatif pengganti agregat halus. Kata Kunci : Limbah Keramik, Kuat Tekan Beton, Agregat Halus, Modulus Elastisitas Beton, Pola Retak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SUBSITUSI AGREGAT KASAR DENGAN PECAHAN KERAMIK TERHADAP KUAT TEKAN BETON DENGAN NILAI FAS 0,40 (FAUZUL, 2017)

PENGARUH VARIASI SUBSTITUSI PASIR KARET PENGGANTI AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TEKAN BETON PENELITIAN MENGGUNAKAN FAS 0,4 (Muchayar, 2013)

PENGARUH SUBSTITUSI AGREGAT HALUS DENGAN PECAHAN KERAMIK TERHADAP KUAT TEKAN BETON DENGAN NILAI FAS 0,40 (Yunitaningsih, 2016)

PENGARUH SUBSTITUSI AGREGAT HALUS DENGAN PECAHAN KERAMIK TERHADAP KUAT TARIK BELAH BETON DENGAN FAS 0,4 (novhandra, 2016)

PENGARUH SUBSTITUSI AGREGAT KASAR DENGAN PECAHAN KERAMIK TERHADAP KUAT TARIK BELAH BETON DENGAN NILAI FAS 0,4 (Sarah Keumala Galih, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy