//

DNA BARCODING IKAN KERAPU FAMILI SERRANIDAE DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afrita Ida Utami - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan dalam penelitian DNA Barcode ikan kerapu family Serranidae adalah untuk mengetahui spesies ikan kerapu dan kekerabatan jenis ikan kerapu di Aceh dengan menggunakan gen Cytochrome C Oxidase I (COI). Penelitian ini lakukan pada bulan Januari-Juli 2015 dan pengambilan sampel dilakukan di Aceh Timur, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat, dan Aceh singkil. Sebanyak 31 sampel yang dikoleksi pada penelitian ini, 31 sampel yang dapat diamplifikasi terdiri atas 9 spesies yang tergolong dalam 3 genus yaitu Cephalopholis, Epinephelus,dan Variola. Jarak genetik antar spesies bernilai 7,0%-24,4% dengan rata-rata 18,1%. Jarak genetik dalam spesies Epinephelus fasciatus yaitu 0,5% dan spesies Cephalopholis sonnerati yaitu 0,2%. Nilai jarak genetik antar genus berkisar antara 20,0%-22,6% dengan rata-rata 21,7%. Jarak genetik dalam genus Epinephelus berkisar 0%-13,9% dengan rata-rata 9,8%, Cephalopholis berkisar 0%-6,7% dengan rata-rata 4,3% dan Variola berkisar 0,2%-0,6% dengan rata-rata 0,3%. Hubungan kekerabatan ikan kerapu dilakukan dengan metode maximum likelihood yang membentuk tiga clade dan satu outgroup. Hubungan kekerabatan terjauh antara Variola albimarginata dengan Cephalopholis nigripinnis sedangkan hubungan kekerabatan yang dekat antara Cephalopholis nigripinnis dengan Cephalopholis sonnerati. Kata kunci : DNA barcoding, Cytochrome C Oxidase I (COI), ikan kerapu

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DNA BARCODING IKAN KERAPU FAMILI SERRANIDAE DI PROVINSI ACEH (Afrita Ida Utami, 2016)

STRUKTUR KOMUNITAS IKAN PERAIRAN DEKAT SEAWALL DAN PERAIRAN ESTUARIA ULEE LHEUE KOTA BANDA ACEH (T. Rizza Mustari, 2016)

STUDI MORFOMETRIK DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT DAN FAKTOR KONDISI FAMILI SERRANIDAE DI KAWASAN PERAIRAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Afriani Ramadhani, 2017)

PENENTUAN KADAR FORMALDEHID DALAM IKAN KERAPU MACAN (EPHINEPHELUS FUSCOGUTTATUS) PADA PENYIMPANAN SUHU KAMAR MENGGUNAKAN ASAM PERKLORAT (HCLO4) SEBAGAI EKSTRAKTAN (desi arfiyanti, 2014)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN KERAPU LUMPUR (EPINEPHELUS TAUVINA) DAN IKAN KUWE (CARANX SEXFASCIATUS) DI KERAMBA JARING APUNG GAMPONG PANDE, BANDA ACEH (Mutia Lazita, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy