//

ANALISIS KERUSAKAN INNER PARTS PADA MAIN PUMP EXCAVATOR EX.200-5-HITACHI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FATAHILLAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Main pump merupakan suatu komponen utama dari alat berat jenis ekskavator yang berfungsi sebagai media konversi energi mekanik menjadi energi hidrolik pada actuator dan motor. Main pump digerakkan oleh engine, energi mekanik yang dihasilkan oleh engine memungkinkan pompa menghisap oli hidrolik dari reservoir dan mendorongkannya kedalam sistem hidrolik. Main pump harus dapat bekerja pada kondisi yang bagus dan berperforman yang kuat agar dapat menghasilkan kinerja yang optimal. Kerusakan pada main pump akan mengakibatkan kinerja unit melemah, bahkan dapat mengakibatkan unit tidak dapat bekerja. Penelitian ini menganalisis tentang kerusakan yang terjadi pada bagian inner parts dari main pump ekskavator Ex.200-5-Hitachi guna untuk mengatasi permasalahan di job site. Penelitian ini dilakukan di CV.Arta Agung dengan pengamatan dan praktik secara langsung pada pompa ekskavator Ex.200-5-Hitachi yang dalam keadaan rusak, dengan berdasarkan pengumpulan data dari berbagai literatur serta pemanduan dari mekanik. Kerusakan yang terjadi pada main pump tersebut meliputi contact surface, disctortion, scratch, disc warp, strong contact, pitting, dan chipping. Kerusakan tersebut didominasi oleh keausan (wear) dan kavitasi (cavitation). Tindakan perawatan yang dilakukan adalah preventive maintenance dan predictive maintenance, selain itu juga dilakukan corrective action yang berupa lapping dan sliding surface. Kata kunci: Analisis kerusakan, Main pump, Ekskavator, Inner parts.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS EXCAVATOR RIPPER BUCKET DENGAN EXCAVATOR STANDARD BUCKET BERDASARKAN CYCLE TIME AKTUAL PADA KEGIATAN COAL GETTING DI PT MIFA BERSAUDARA, ACEH BARAT. (RIZKA AYUNDA, 2018)

PERANCANGAN ULANG SPESIFIKASI DEEP WELL PUMP KAMPUS UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Zul Bahraini Ir, 2017)

PERAWATAN INJECTION PUMP PADA MOBIL TOYOTA FORTUNER DIESEL 2KD-FTV (alfiannur, 2016)

KAJIAN TEKNIS GEOMETRI PELEDAKAN PADA LAPISAN INTERBURDEN B2C UNTUK MENDAPATKAN FRAGMENTASI YANG OPTIMAL DI LOKASI MUARA TIGA BESAR UTARA PT. BUKIT ASAM (PERSERO) TBK, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (Widya Citra, 2017)

KAJIAN TEKNIS PENINGKATAN PRODUKTIVITAS EXCAVATOR CAT 340D2 PADA OVERBURDEN REMOVAL DI PIT IV PT. BARA ENERGI LESTARI, KABUPATEN NAGAN RAYA, ACEH (UTAMI TRIANI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy