//

PERTUMBUHAN, KELANGSUNGAN HIDUP DAN DAYA CERNA PAKAN IKAN LELE DUMBO (CLARIAS GARIEPINUS) YANG MENGANDUNG TEPUNG DAUN JALOH (SALIX TETRASPERMA ROXB) DENGAN PENAMBAHAN PROBIOTIK EM-4

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dara Amallia Puspita - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan konsentrasi probiotik EM-4 yang optimum dalam pakan yang mengandung 5 % daun jaloh untuk ikan lele dumbo. Penelitian ini dilakukan di BBAP Ujung Batee, Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Pertanian, pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan 6 taraf perlakuan dan 4 ulangan. Tingkat konsentrasi probiotik EM-4 yang diuji adalah ( 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, dan 25%). Pemberian pakan dilakukan tiga kali sehari , yaitu pada pukul 08.00, 12.00, dan 17.00 WIB, sebanyak 5% berat bobot tubuh ikan selama 56 hari. Hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa pemberian probiotik EM-4 yang dalam pakan yang mengandung daun jaloh memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan mutlak, pertambahan panjang, dan laju pertumbuhan harian untuk ikan lele dumbo (P0,05). Hasil uji duncan menunjukkan semua parameter yang diukur hasil tertinggi diperoleh pada konsentrasi 15 ml/kg pakan. Dengan demikian disimpulkan dosis probiotik EM-4 yang optimum pada pakan yang mengandung daun jaloh 5% adalah 15 ml/kg pakan. Kata Kunci : Lele dumbo (Clarias gariepinus), pertumbuhan, kelangsungan hidup, daun jaloh, probiotik EM-4.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KADAR HEMOGLOBIN PADA IKAN NILA (OREOCHROMISNILOTICUS) YANG DIBERI CEKAMAN PANAS DAN PAKAN YANG DISUPLEMENTASIKAN TEPUNG DAUN JALOH (SALIX TETRASPERMA ROXB) (Dewi Safitri, S.KH, 2014)

PERTUMBUHAN, KELANGSUNGAN HIDUP DAN DAYA CERNA PAKAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS)YANG MENGANDUNG TEPUNG DAUN JALOH (SALIX TETRASPERMA ROXB)DENGAN PENAMBAHAN PROBIOTIK EM-4 (Siti Fadri, 2016)

JANTANISASI IKAN LELE DUMBO (CLARIAS GARIEPINUS) MENGGUNAKAN HORMON METHYL TESTOSTERONE (MT) ALAMI (Elia Novara, S.KH, 2015)

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK BAWANG MERAH (ALLIUM CEPA L.) SEBAGAI PREBIOTIK RNDALAM PAKAN UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN IKAN LELE DUMBO RN(CLARIAS GARIEPINUS) (Jemaan, 2014)

EFEK PEMBERIAN TEPUNG DAUN JALOH (SALIX TETRASPERMA ROXB.) DALAM PAKAN TERHADAP PH DAN TOTAL MIKROB AIR TEMPAT HIDUP IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) YANG DIBERI PENINGKATAN SUHU 35C (maruli apra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy