//

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOS DAN KONDISI SUBSTRAT PADA KAWASAN MANGROVE DI PESISIR PULAU WEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RISKI MULIAWAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa struktur komunitas makrozoobenthos, khususnya yang berkaitan dengan kepadatan, keanekaragaman, keseragaman, dominansi serta pola penyebarannya dan untuk mengetahui kondisi substrat pada ekosistem mangrove di Pesisir Pulau Weh. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Desember 2015. Penentuan stasiun dilakukan dengan menggunakan Metode Purposive Sampling. Makrozoobenthos yang ditemukan sebanyak 26 spesies yang berada di lokasi arah laut, sedangkan di lokasi arah darat terdapat 23 jenis spesies yang ditemukan yang terdiri dari 3 kelas, yaitu Gastropoda (arah darat 59%) (arah laut 54%), Bivalvia (arah darat 16%) (arah laut 25%), dan Crustacea (arah darat 25%) (arah laut 21%). Kepadatan makrozobenthos yang tertinggi ditemukan pada stasiun 3 dengan nilai kepadatan sebesar 45,33ind/m2. Spesies yang paling banyak ditemukan adalah dari kelas Gastropoda dengan jenis Telescopium telescopium dengan nilai kepadatan 27,33ind/m2. Indeks keanekaragaman (H’) arah darat (2,86 ) dan arah laut (2,81), keseragaman (E) arah darat (0,91) dan arah laut (0,98), dan Dominansi (C) arah darat (0,16) dan arah laut (0,16). Pola Sebaran Jenis terbagi kedalam 2 kategori yaitu pola mengelompok dan seragam. Indeks similaritas di Pesisir Pulau Weh di 5 stasiun berkisar antara 25% - 50%. Kondisi substrat yang didapat di lokasi penelitian berupa pasir, lumpur dan berlempung. Kandungan substrat yang paling tinggi di lokasi penelitian berupa pasir yang didapat pada stasiun 3 arah darat (74%) dan arah laut (61%). Kata kunci : Mangrove, Makrozoobenthos, Pesisir Pulau Weh, Substrat, Struktur Komunitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOSRNYANG BERASOSIASI DENGAN EKOSISTEM MANGROVE RNDI PERAIRAN KUALA LANGSA RNKOTA LANGSA (MUHADHIR, 2015)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOS PADA EKOSISTEM MANGROVE DI PESISIR PANTAI BARAT ACEH BESAR (MUHAJIR, 2016)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOS PADA EKOSISTEM MANGROVE DI DESA PULO SAROK PESISIR PANTAI SINGKIL, KABUPATEN ACEH SINGKIL (ZUNA SAHFERO, 2016)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS PADA EKOSISTEM MANGROVE REHABILITASI KECAMATAN SIMEULUE TIMUR DAN NON REHABILITASI KECAMATAN TEUPAH SELATAN KABUPATEN SIMEULUE (Lelis Malita, 2015)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOS DI PADANG LAMUN PADA PERAIRAN PULAU MATAHARI ACEH SINGKIL (Nana Delina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy