//

PENGARUH WAKTU AKTIVASI DAN UKURAN PARTIKEL BOTTOM ASH TERHADAP KEMAMPUAN NETRALISASI AIR ASAM TAMBANG DAN ADSORPSI LOGAM BERAT FE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mustika Junus - Personal Name

Abstrak/Catatan

Aktivitas penambangan menghasilkan dampak besar terhadap lingkungan seperti keberadaan air asam tambang. Air asam tambang merupakan salah satu limbah yang banyak dihasilkan akibat proses penambangan, khususnya pada penambangan batubara. Batubara umumnya digunakan sebagai bahan bakar industri. Penggunaan batubara sebagai bahan bakar akan menghasilkan limbah lainnya seperti bottom ash. Oleh karena itu, diperlukan cara yang tepat dalam menanggulangi kedua limbah tersebut, salah satunya dengan memanfaatkan bottom ash untuk penanggulangan air asam tambang. Objek pada penelitian ini adalah air asam tambang yang diambil dari lingkungan bekas tambang dan bottom ash dari PLTU. Parameter yang dikaji ialah pengaruh waktu aktivasi dan ukuran adsorben bottom ash terhadap penanggulangan air asam tambang. Penelitian ini menggunakan proses aktivasi fisika terhadap adsorben untuk menetralisir pH dan menyerap logam Fe yang terdapat dalam air asam tambang. Hasil dari penelitian ini terjadi peningakatan pH terbaik mengunakan sampel aktivasi 3 jam ukuran 100 mesh dengan pH 8,49 selama waktu kontak 120 menit. Sedangkan penurunan logam Fe dalam air asam tambang dengan menggunakan sampel terbaik aktivasi 2 jam ukuran 100 dengan efisiensi penyerapan 99,71%. Berdasarkan hasil penelitian ini, nilai pH meningkat dan kandungan logam Fe menurun setelah di treatment memenuhi standar baku mutu lingkungan. Kata Kunci : air asam tambang, aktivasi fisika, bottom ash, karbon aktif, pH

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH TEMPERATUR AKTIVASI DAN UKURAN PARTIKEL BOTTOM ASH TERHADAP KEMAMPUAN NETRALISASI AIR ASAM TAMBANG DAN ADSORPSI LOGAM BERAT MN (Reza Saputra, 2016)

PENGARUH UKURAN PARTIKEL DAN WAKTU AKTIVASI COAL BOTTOM ASH TERHADAP NETRALISASI AIR ASAM TAMBANG DAN ADSORPSI LOGAM BERAT CU (Khairunnas, 2016)

PENGARUH UKURAN PARTIKEL DAN WAKTU AKTIVASI COAL BOTTOM ASH TERHADAP KEMAMPUAN NETRALISASI AIR ASAM TAMBANG DAN ADSORBSI LOGAM CU (Muhammad Dicka Andrian, 2016)

ADSORPSI ION LOGAM MN(II) DAN NETRALISASI PH DARI AIR ASAM TAMBANG MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM TERAKTIVASI FISIKA (Suci Riski Tami, 2018)

PENGARUH WAKTU AKTIVASI DAN UKURAN PARTIKEL BOTTOM ASH TERHADAP KEMAMPUAN NETRALISASI AIR ASAM TAMBANG DAN ADSORPSI LOGAM BERAT FE (Mustika Junus, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy