//

KESULITAN SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 16 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rifki - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Kesulitan, Perbandingan Trigonometri Salah satu materi matematika yang sulit dipelajari siswa SMA adalah materi perbandingan trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan yang dialami siswa dalam belajar materi perbandingan trigonometri dan mendeskripsikan alternatif program pembelajaran remedial yang dapat diterapkan dalam mengurangi kesulitan siswa pada materi perbandingan trigonometri di kelas X SMA Negeri 16 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitas siswa dalam menggunakan konsep, prinsip, dan memecahkan soal bentuk verbal.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari jawaban siswa dan ungkapan/penjelasan siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh dari wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara terhadap siswa yang dipilih sebagai subjek wawancara sebanyak 3 orang dengan kriteria banyak melakukan kesalahan atau tidak menjawab soal tes. Dalam melakukan wawancara peneliti bertindak sebagai instrument utama. Peneliti menggunakan perekam berupa dan alat tulis. Berdasarkan hasil analisis data temuan penelitain ini dapat dikemukanan sebagai berikut: (1) kesulitan menggunakan konsep perbandingan tringonometri, yaitu kesulitan dalam menyebutkan definisi sinus alpa, cotangon alpa, kosekan alpa, dan sekan alpa, (2) kesulitan menggunakan prinsip, yaitu tidak mampu memahami konsep dasar dan menggunakan prinsip sudut berelasi, (3) kesulitan memecahkan soal bentuk verbal yaitu kesulitan dalam memahami di setiap kata-kata dari soal dan tidak mampu menyusun langkah penyelesaian selanjutnya. kesulitan memecahkan soal bentuk verbal. Salah satu cara mengatasi kesulitan siswa pada materi perbandingan trigonometri adalah menerapkan program pembelajaran remedial, yaitu penjelaskan konsep perbandingan trigonometri, contoh-contoh, soal-soal verbal. Simpulan penelitian adalah kesulitan siswa materi perbandingan trigonometri adalah kesulitan menggunakan konsep, kesulitan menggunakan prinsip, dan kesulitan memecahkan soal berbentuk verbal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOA-SOAL TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (mursyidah, 2016)

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI TIMUR (Sri Utami, 2015)

TINGKAT BERPIKIR DAN KESULITAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Intan Sari, 2014)

PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGATASI KESULITAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KABUPATEN GAYO LUES. (OESEA SATIVA, 2018)

ANALISIS TINGKAT BERPIKIR DAN KESULITAN SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Novia Alieska Perdana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy