//

PENGUASAAN MATERI MATEMATIKA OLEH SISWA SEMESTER II KELAS VII SMPN 7 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 PENGUASAAN MATERI MATEMATIKA OLEH SISWA SEMESTER II KELAS VII SMPN 7 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nura Maulisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Maulisa, Nura. 2016. Penguasaan Materi Matematika Siswa Semester II Kelas VII SMPN 7 Banda Aceh TahunPelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika , Fakultas Keguruan danIlmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Salasi R, M.Pd., (2) Drs. Ir. Johan Yunus, SE.,M.Si. Kata Kunci: Penguasaan materi, Hasil Belajar, Matematika. Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern dan berperan penting dalam berbagai disiplin ilmu. Di sekolah, pelajaran matematika diberikan untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analisis, sistematis, kritis dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Berdasarkan kurikulum 2013 matematika di SMP kelas VII semester II memiliki beberapa materi, yaitu segiempat dan segitiga, persamaan dan pertidaksamaan linier, aritmatika sosial, transformasi, dan peluang dan statistika. Mengingat materi-materi di dalam matematika sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu perlu dicari solusi yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Selain diperlukannya penguasaan konsep yang baik oleh siswa, dalam proses pembelajaran juga diperlukan adanya seorang guru yang berperan dalam menguasai, merencanakan, dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, yaitu dengan cara menerapkan metode pembelajaran yang tepat, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk membuat suatu penelitian yang berjudul “penguasaan materi matematika siswa semester II kelas VII SMPN 7 Banda Aceh tahun pelajaran 2015/2016”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan siswa kelas VII SMPN 7 Banda Aceh dalam memahami suatu materi matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 7 Banda Aceh, sedangkan sampelnya kelas VII-2 dan VII-7. Data penelitian diperoleh dari hasil ujian semester genap dan hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 10 orang siswa yang tuntas belajar karena mencapai nilai lebih dari atau sama dengan 75, dengan persentase ketuntasan belajar 27,78%. Sedangkan siswa yang belum tuntas belajar adalah 26 orang , dengan persentase sebesar 72,22% dan tidak ada materi matematika semeter genap kela VII yang mencapai kriteria ketuntasan minimal

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Putri Inda Sari, 2016)

KUALITAS TES DAN PENGUASAAN MATERI MATEMATIKA SISWA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (Sabar Ibnu Muarief, 2018)

ANALISIS PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN SINGKIL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (HAFRIANI, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)

KREATIVITAS DAN MINAT SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMPN 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (erlindawati, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy