//

TINJAUAN KRIMINOLOGIS TENTANG TINDAK PIDANA MENGAKSES KOMPUTER ATAU SISTEM ELEKTRONIK MILIK ORANG LAIN DENGAN MELAWAN HUKUM (HACKING)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eka Arfina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK EKA ARFINA, TINJAUAN KRIMINOLOGIS TENTANG TINDAK PIDANA MENGAKSES KOMPUTER ATAU SISTEM ELEKTRONIK DENGAN MELAWAN HUKUM (HACKING) 2016 Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala. (iv, 67), pp, tab, bibl. (AINAL HADI S.H., M.Hum.) Perkembangan teknologi internet umumnya dunia maya tentu saja tidak selamanya menghasilkan hal-hal yang positif, selain membawa keuntungan, teknologi internet juga membawa dampak-dampak negatif yang merupakan efek sampingnya antara lain adalah timbulnya kejahatan di dunia maya atau lebih dikenal dengan kejahatan dunia maya (cyber crime). Terkait dengan dampak negatif yang ditimbulkan dari perkembangan IPTEK di Indonesia yaitu salah satunya muncul tindak pidana hacking yang selanjutnya diatur dalam Pasal 30 ayat (1) jo. Pasal 46 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya kejahatan mengakses komputer atau sistem elektronik milik orang lain dengan melawan hukum (hacking), dan upaya-upaya pencegahan serta penanggulangannya. Untuk memperoleh data di dalam penulisan skripsi ini dilakukan penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan mempelajari buku-buku dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pembahasan ini. Semua data yang telah terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya hacking adalah faktor keamanan, faktor kesadaran hukum dari masyarakat, faktor sosial dan budaya, faktor ekonomi dan faktor penegak hukum. Upaya penanggulangannya berupa modernisasi pada hukum pidana formil maupun materil, mengaktifkan sistem keamanan pada komputer, meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap tindak pidana hacking, pelatihan bagi penegak hukum untuk mendalami dan mempelajari tentang tindak pidana hacking. Disarankan kepada aparat penegak hukum dibekali dengan keahlian khusus dalam melakukan penyelidikan dan penyidikan guna memperlancar proses pembuktian tindak pidana hacking dan kepada masyarakat diharapkan untuk dibekali dengan sosialisasi tentang hacking itu sendiri.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PERJUDIAN MELALUI SISTEM ELEKTRONIK DI WILAYAH KOTA BANDA ACEH (Samsul Qamar, 2016)

TINDAK PIDANA MEMASUKI RUMAH ORANG LAIN DENGAN MELAWAN HUKUM (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH) (SRI DEVI RAHAYU, 2018)

TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP PENIPUAN LOWONGAN KERJA MELALUI FACEBOOK (STUDI KASUS DI KEPOLISIAN RESOR LHOKSEUMAWE) (Rezky Afriansyah, 2017)

TINDAK PIDANA PENGGELAPAN KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT MILIK RENTAL (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH) (CUT AGUSTINA MAULISHA, 2016)

EKSISTENSI PEMBERI GRATIFIKASI DALAM TINDAK PIDANA KORUPSI TERKAIT ADANYA LAPORAN PENERIMA GRATIFIKASI (Nur Mauliddar, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy