//

RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Pinka Satria Aqsa - Personal Name

Abstrak/Catatan

RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS SYIAH KUALA Oleh : Pinka Satria Aqsa 1204104010065 Petumbuhan ekonomi penduduk semakin meningkat maka meningkat pula pembangunan di setiap sektor. Salah satunya adalah sektor kesehatan, khususnya kesehatan gigi dan mulut. Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Syiah Kuala merupakan wadah pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat provinsi Aceh yang memiliki fungsi lain sebagai sarana pendidikan bagi mahasiswa/I Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah sekaligus menjadi pusat penelitian terpadu bagi profesi dokter gigi di Indonesia. Perencanaan ini bertujuan untuk meningkatkan kebutuhan terhadap kualitas tenaga kesehatan gigi dan mulut di Indonesia terutama di Provinsi Aceh yang juga menjadi pusat penelitian dasar dan terapan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi kedokteran gigi. Lokasi perencanaan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unsyiah terletak di Jl. Prof. Majid Ibrahim I, Blang Padang, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh, Provinsi Aceh. Proses perencanaan ini diawali dengan pendekatan studi literatur, studi banding mengenai objek perencanaan yang berhubungan dengan Perencanaan Rumah Sakit Gigi dan Mulut, seperti RSGM UGM dan RSGM UNPAD hingga melakukan studi lapangan pada RSGM UNSYIAH untuk mengetahui kondisi fisik tapak. Tahapan selanjutnya adalah mengidentifikasikan permasalahan-permasalahan yang timbul dalam perencanaan. Selanjutnya permasalahan-permasalahan tersebut dianalisis serta ditemukan solusi yang berupa konsep desain dengan mematuhi peraturan setempat, dan ketentuan umum serta ketentuan teknis berdasarkan permenkes RI. konsep dalam merencanakan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unsyiah bertema Green Architecture dengan lima konsep utama yaitu orientasi bangunan, aplikasi green wall, material reduksi panas, pembayangan dan pencahayaan alami. Hasil laporan berupa suatu konsep perencanaan dan hasil rancangan sebagai pedoman dalam perencanaan RSGM Unsyiah, yang merupakan suatu fasilitas untuk menampung pendidikan tingkat tinggi. Kata kunci : Rumah Sakit Gigi dan Mulut, Kesehatan, Pusat penelitian dan pendidikan, Green Architecture.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGETAHUAN PASIEN TENTANG PEMELIHARAAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT YANG MEMAKAI GIGI TIRUAN LEPASAN DI RUMAH SAKIT GIGI MULUT UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH. (Febri Yollita, 2014)

RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Pinka Satria Aqsa, 2016)

PENGARUH PERCEIVED QUALITY PASIEN TERHADAP MINAT PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) FAKULTAS KEDOKTERANG GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Larena Yudisa Putri, 2016)

TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP FUNGSI, ESTETIK, DAN FONETIK GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPASAN DI RSGM UNSYIAH (Ocy Cyntia Permata, 2017)

PENILAIAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI MUDA DENGAN PASIEN PROSTODONSIA DI RUMAH SAKIT GIGI MULUT (RSGM) UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rahmaini, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy