//

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH AUTENTIK PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Delfi Aslinda - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aslinda, Delfi. 2016. Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Autentik pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Ir. Johan Yunus, S.E.,M.Si., (2) Dr. Cut Morina Zubainur, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: kemampuan siswa, masalah autentik. Tingkat keberhasilan suatu proses belajar mengajar dilihat dari kemampuan siswa yang berbeda-beda, hal ini dilihat dari perbedaan kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswa dalam mengatasi masalah. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang berkenaan dengan matematika masih rendah, salah satu faktor penyebabnya adalah siswa masih kurang mengaitkan matematika dengan kehidupan nyata, dan siswa merasa kesulitan dalam mengolah informasi yang tersaji di dalam soal matematika. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah autentik pada materi persamaan kuadrat kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif . Subjek penelitian dipilh secara acak yaitu kelas VIII-4 yang berjumlah 26 orang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah dengan cara memperhatikan siswa menyelesaikan masalah autentik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes kemampuan siswa menyelesaikan masalah autentik berbentuk essay sebanyak 3 soal dan wawancara. Data penelitian bersumber dari lembar jawaban siswa dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah autentik masih rendah. Hal ini dikarenakan banyak siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal. Adapun kesalahan yang banyak dilakukan siswa adalah tidak memahami maksud soal, dan kurang teliti dalam mengerjakan soal. Siswa tidak mampu merencanakan penyelesaian secara sistematis karena rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah autentik. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah autentik pada materi persamaan kuadrat kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh masih rendah. Hal ini berarti bahwa guru perlu menerapkan masalah autentik pada proses pembelajaran sehingga siswa mampu menyelesaikan masalah autentik dengan baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ELLA SEPTIANA, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)

PENGUASAAN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X SMA NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012-2013 (Nurul Intan M, 2017)

PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI TERAPAN PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT DI KELAS X MAN DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Sylvia Novita, 2013)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OTENTIKRNDALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABELRNKELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Marchilla Ramadhana Murni, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy