//

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jannati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jannati. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Materi Peluang Kelas X SMA Negeri Modal Bangsa Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Erni Maidiyah, M.Pd., (2) Drs. M. Hasbi, M.Pd. Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah, problem based learning, peluang Peluang adalah salah satu materi matematika di kelas X tingkat SMA, walaupun materi peluang dikatagorikan materi yang mudah apalagi masih materi peluang tingkat pertama. Namun masih banyak siswa yang kesulitan jika dihadapkan pada soal yang bentuk pemecahan masalah atau soal cerita. Maka untuk mengatasi hal tersebut dilakukan dengan cara mengajar menggunakan metode pemecahan masalah melalui penerapan model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk Melihat kemampuan siswa kelas X dalam memecahkan masalah melalui penerapan model problem based learning pada materi peluang di SMA Negeri Modal Bangsa tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIA 3 SMA Negeri Modal Bangsa Aceh Besar yang berjumlah 29 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk soal essay sebanyak 5 soal. Tes dilakukan setelah adanya proses pembelajaran melalui penerapan model problem based learning, setelah dilakukannya tes disertai dengan mewawancarai siswa yang mempunyai nilai tertinggi dan terendah untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mengkatagorikan siswa kedalam beberapa kriteria yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang, dari kriteria tersebut dapat dilihat tingkat kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada materi peluang di SMA Negeri Modal Bangsa Aceh besar 37,9% sangat baik, 44,8% baik, 13,8% cukup, 3,5% kurang dan 0% sangat kurang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR OLEH SISWA KELAS VII SMPN 2 MONTASIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nova Miranda, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION (PBI) (Rahmad Fitra, 2018)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMAN 4 BANDA ACEH (Dhiyauddin, 2016)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI MELALUI RESOURCE BASED LEARNING (RBL) PADA MATERI TURUNAN DI MAN MODEL BANDA ACEH (Muliana Ramadhani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy