//

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMPN 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tria Tiara Mora S. - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tiara, Tria Mora S. 2016. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMPN 2 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Bainuddin Yani S., M.S., M.Pd. (2) Dra. Bintang Zaura, M.Pd Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Problem Based Learning, Aritmatika Sosial Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dikembangkan dalam pembelajaran matematika, namun pada kenyataannya kemampuan ini sering terabaikan. Hal ini dikarenakan soal-soal komunikasi matematis masih merupakan hal-hal yang baru, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. Komunikasi matematis merupakan kesanggupan siswa dalam memahami, menyatakan dan menafsirkan gagasan matematika secara lisan maupun tertulis. Salah satu model pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PBL adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Penelitian ini berupaya mengungkapkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model Problem Based Learning pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMPN 2 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi aritmatika sosial dapat mencapai taraf baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain yang digunakan adalah pre-experimental design jenis one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh, sedangkan sampel dipilih satu kelas secara acak yaitu kelas VII-3 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk essay sebanyak 5 soal. Teknik pengolahan data tes dari penelitian ini adalah uji-t. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh melalui pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Lerning/PBL) pada materi aritmatika sosial dapat mencapai taraf baik. Hal ini berarti bahwa soal-soal komunikasi matematis yang diberikan dalam interaksi belajar mengajar dapat dipahami dengan baik oleh siswa sehingga interaksi belajar-mengajar dapat berlangsung seperti yang diharapkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI SMA TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (CUT YUNI NURUL HAJJINA, 2013)

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN ARITMATTIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP METHODIST BANDA ACEH (Cici Prastika, 2017)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Yuni Herdiana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy