//

PENGARUH JENIS SUPERPLASTICIZER TERHADAP KUAT TEKAN BETON MUTU TINGGI DENGAN BAHAN TAMBAHAN ABU CANGKANG SAWIT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fakhrur Razi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Beton mutu tinggi merupakan beton yang memiliki kuat tekan lebih besar dari 40 MPa (SNI-PD-T-04-2004-C). Beton mutu tinggi ini biasa digunakan pada gedung bertingkat tinggi, jembatan dengan bentang yang panjang dan lebar, bendungan yang besar, dan konstruksi lain yang membutuhkan beban yang besar. Campuran pada beton mutu tinggi harus menggunakan material pembentuk beton dengan kualitas yang tinggi dan faktor air semen (FAS) yang rendah. Penggunaan semen dalam campuran beton mutu tinggi sangatlah besar jumlahnya. Semen sebagai bahan pengikat dalam campuran beton mutu tinggi dapat digantikan sebagian dengan bahan mineral lainnya yang mengandung unsur SiO2, AlO3, Fe2O3, dan CaO seperti abu cangkang sawit. Beton mutu tinggi dengan tambahan abu cangkang sawit mempunyai viscositas yang tinggi sehingga tidak workability (susah dikerjakan) sehingga perlu ditambahkan superplasticizer. Superplasticizer yang digunakan ada 3 jenis, yaitu sikament LN ( sebanyak 1% dari berat semen), sikament NN (sebanyak 1,5% dari berat semen), dan viscocrete 10 (sebanyak 1,5% dari berat semen). Material penyusun beton adalah split (batu pecah) dengan ukuran maksimum 12 mm, pasir, air, semen Portland tipe I, bahan tambah kimia superplasticizer, dan abu cangkang sawit. FAS yang digunakan adalah sebesar 0,3. Cangkang sawit yang digunakan adalah sebesar 10 % dari berat semen. Benda uji yang digunakan pada penelitian ini adalah silinder berdiameter 150 mm dengan tinggi 300 mm. Pengujian dilakukan saat benda uji berumur 7 hari, 28 hari, dan 56 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kuat Tekan, nilai Modulus Elastisitas, dan Energi Kehancuran maksimum diperoleh pada beton dengan bahan tambah abu cangkang sawit dan superplasticizer viscocrete 10(1,5% dari berat semen). Penggunaan superplasticizer 10 menghasilkan workbilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan beton tanpa penambahan superplasticizer. Pola retak yang terjadi pada saat pengujian kuat tekan adalah shear, cone and split, cone and shear,cone, dan columnar. Kata kunci : beton mutu tinggi, abu cangkang sawit, Superplasticizer, kuat tekan, modulus elastisitas, hubungan tegangan regangan, pola retak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JENIS SUPERPLASTICIZER TERHADAP KUAT TARIK BETON MUTU TINGGI DENGAN BAHAN TAMBAHAN ABU CANGKANG SAWIT (Afvriady koerniawan, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN SUBSTITUSI ADITIF, AGREGAT HALUS, AGREGAT KASAR DAN PENAMBAHAN FILLER BIJIH BESI TERHADAP KUAT TEKAN DAN DAKTILITAS BETON MUTU TINGGI HYBRID (Fauzan Z, 2017)

STUDI KUAT GESER BETON MUTU TINGGI DENGAN VARIASI JENIS SUPERPLASTICIZER MENGGUNAKAN ADDITIVE ABU CANGKANG SAWIT (Nazalul Azmi, 2017)

ANALISIS KAPASITAS GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN CANGKANG SAWIT SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT KASAR (CUT ZARA HALLA SAJIDA, 2016)

PENGARUH VARIASI ZAT TAMBAHAN TERHADAP SIFAT MEKANIS BETON MUTU TINGGI (Andi Yusra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy