//

ANALISA KINERJA JALAN TERHADAP KEGIATAN UROE PEUKAN PADA JALAN BANDA ACEH - MEDAN, GEURUGOK KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZARKASYI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Gandapura merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Bireuen. Di Kecamatan ini satu kali dalam seminggu diadakan Uroe Peukan. Uroe Peukan diambil dari bahasa Aceh untuk sebutan hari pasar, dilaksanakan pada hari Selasa yang berlokasi di simpang empat Geurugok. Hal ini berkontribusi cukup tinggi dalam menarik angka pejalan kaki dan kendaraan ke lokasi ini. Ruas jalan Nasional Banda Aceh ke Medan adalah jalan arteri dengan tipe jalan 2/2UD (Un Divided). Jalan ini merupakan satu-satunya akses keluar masuknya logistik dari Banda Aceh – Medan dan sebaliknya. Pada Uroe Peukan terjadi peningkatan aktivitas hambatan samping. Berdasarkan hal tersebut maka diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Uroe Peukan terhadap kinerja jalan Banda Aceh - Medan. Data yang dikumpulkan yaitu data primer dan sekunder. Pengambilan data dilakukan selama 2 hari yaitu hari Rabu (hari normal) dan hari Selasa (Uroe Peukan), pengambilan data dilakukan selama 12 jam dimulai pukul 07:00 - 19:00 WIB. Data dicatat dengan interval waktu 15 menit di lapangan. Perhitungan tinjauan tingkat kinerja jalan dilakukan berdasarkan metode MKJI (1997). Kondisi hari biasa di luar Uroe Peukan hari Rabu diperoleh volume lalu-lintas tertinggi sebesar 1.658 smp/jam, kapasitas aktual pada saat di luar Uroe Peukan yaitu 3.069 smp/jam untuk kapasitas jalan 2/2UD (Un Divided), nilai derajat kejenuhan 0,66 pada jam puncak pagi hari yaitu jam 07:00-08:00 WIB dan tingkat pelayanan jalannya yaitu B. Arah yang sama pada saat berlangsungnya Uroe Peukan volume lalu-lintas tertinggi sebesar 1.879 smp/jam, kapasitas aktual saat berlangsungnya Uroe Peukan menurun yaitu 2.945 smp/jam untuk kapasitas jalan 2/2UD (Un Divided), nilai derajat kejenuhan 0,70 pada jam puncak sore hari yaitu jam 17:00-18:00 WIB dan tingkat pelayanan jalannya yaitu B. Peningkatan hambatan samping saat Uroe Peukan yang paling besar terjadi pada jam 17:00-18:00 dengan total kejadian 257 (High), meningkat 584,57% dari hari normal yang hanya total kejadian 38 (Very Low). Kata kunci : Kapasitas, volume lalu-lintas, tingkat pelayanan, Uroe Peukan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KINERJA JALAN NASIONAL AKIBAT PENGARUH UROE PEUKAN PADA RUAS JALAN BAITURRAHMAN KOTA MATANG GEULUMPANG DUA (khairuddin, 2016)

KAJIAN KINERJA JALAN NASIONAL DI KAWASAN PASAR MODERN LAMBARO (Muhammad Nur, 2015)

EVALUASI KINERJA RUAS JALAN PERKOTAAN DAN RNBIAYA PERJALANAN AKIBAT TUNDAANRN(STUDI KASUS RUAS JALAN SISINGAMANGARAJA, MEDAN) (ARMANTON MARAJON SIMANJUNTAK, 2015)

ANALISA KINERJA JALAN BLANGKEJEREN - KUTACANE (STUDI KASUS STA 476+000 S/D STA 477+000) (Kausar Hidayat, 2016)

EVALUASI TERHADAP KERUSAKAN JALAN DUA JALUR PADA RUAS JALAN NASIONAL BIREUEN - LHOKSEUMAWE DENGAN METODE BINA MARGA (M. Reza Syahputra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy