//

PENGARUH SUBSTITUSI KOMBINASI LIMBAH PLASTIK PADA ASPAL PEN. 60/70 TERHADAP KINERJA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aprilyani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aspal beton adalah campuran yang homogen antara agregat (agregat kasar, agregat halus dan bahan pengisi atau filler) dan aspal sebagai bahan pengikat yang mempunyai gradasi tertentu, dicampur, dihamparkan dan dipadatkan pada suhu tertentu untuk menerima beban lalu lintas yang tinggi (Bina Marga, 2007). Semakin berkembang dan semakin padat lalu lintas serta keadaan iklim yang berubah-ubah sekarang ini menyebabkan kerusakan pada jalan dan penurunan keawetan serta kekuatan terhadap konstruksi perkerasan jalan. Selain itu rendahnya kekuatan bahan ikat konstruksi perkerasan jalan juga menjadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, modifikasi campuran aspal dilakukan dengan menambah kombinasi limbah pastik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pada campuran aspal beton dengan dan tanpa menggunakan bahan tambah berupa kombinasi limbah plastik. Kombinasi limbah plastik yang digunakan pada penelitian ini berupa jenis polyethylene terephthalate (PET), polypropylene (PP) dan polystyrene (PS) atau lebih dikenal dengan polimer plastomer. Pada penelitian ini dilakukan perbandingan terhadap campuran aspal AC-WC dengan menambahkan beberapa variasi persentase kombinasi limbah plastik terhadap berat aspal pada KAO dan KAO+0,5. Variasi persentase yang digunakan pada penelitian ini adalah 2,7%; 4,7% dan 6,7% terhadap berat aspal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh persentase substitusi kombinasi limbah plastik yang efektif sebesar 6,7% pada kadar aspal 5,81%. Hasil pengujian Marshall dengan substitusi kombinasi limbah plastik sebesar 2,7%, 4,7% dan 6,7% pada kadar aspal 5,81% telah memenuhi spesifikasi yang disyaratkan, sedangkan pada kadar aspal 5,31% hanya nilai VIM pada persentase plastik 6,7% yang tidak memenuhi syarat. Pada kadar aspal 4,81% nilai VIM disemua variasi persentase substitusi kombinasi limbah plastik masih tidak memenuhi syarat yaitu antara 3% - 5%. Nilai durabilitas yang didapat pada campuran aspal tanpa kombinasi limbah plastik sebesar 92,74% dan dengan kombinasi limbah plastik sebesar 111,36%. Nilai durabilitas ini sudah memenuhi syarat yaitu > 90%. Kata Kunci : kombinasi limbah plastik, lapis aspal beton, aspal modifikasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL BETON SUBSTITUSI KOMBINASI LIMBAH PLASTIK PADA ASPAL PEN 60/70 DENGAN METODE PENCAMPURAN CARA KERING (NUR RIZQA, 2018)

PENGARUH SUBSTITUSI KOMBINASI LIMBAH PLASTIK PADA ASPAL PEN. 60/70 TERHADAP KINERJA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) (Aprilyani, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN AGREGAT HALUS JAMUR UJUNG DAN FILLER ABU KULIT KOPI TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL CAMPURAN LAPIS ASPAL POLIMER MENGGUNAKAN LIMBAH PLASTIK POLYETHYLENE TEREPHTHALATE (PET) (ARDIAN FAHMI, 2018)

PEMANFAATAN ABU SERABUT KELAPA SEBAGAI FILLER TERHADAP KARAKTERISTIK CAMPURAN BETON ASPAL KOMBINASI LIMBAH PLASTIK PADA ASPAL PEN. 60/70 (Nadia Rayhana Tahtayusmar, 2017)

PENENTUAN KADAR ASPAL OPTIMUM (KAO) PADA BETON ASPAL DENGAN PENAMBAHAN POLYSTYRENE (PS) 5% DAN 7% (Mirza Irfansyah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy