//

ANALISIS KAPASITAS GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN CANGKANG SAWIT SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT KASAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT ZARA HALLA SAJIDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Beton mutu tinggi memiliki sifat yang lebih getas dibandingkan dengan beton konvensional, sehingga diperlukan pengganti sebagian (substitusi) agregat pada beton mutu tinggi. Bongkahan cangkang sawit dapat dijadikan alternatif substitusi agregat kasar pada beton mutu tinggi. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk menganalisis kapasitas geser pada balok beton mutu tinggi yang menggunakan bongkahan cangkang sawit sebagai agregat kasar. Mix design beton yang digunakan memakai bahan tambahan superplasticizer 1,5 % dengan FAS 0,30. Ukuran maksimum agregat yang digunakan adalah 12 mm. Balok direncanakan berukuran 15 x 30 x 220 cm dengan menggunakan tulangan tarik 4D18,9 mm, tulangan tekan 2D15,8 mm, dan tulangan geser Ø5,8-300 mm dengan mutu baja (fy) 462,24 MPa, 412,39 MPa, 423,46 MPa. Hasil penelitian didapatkan nilai kuat tekan (f’c) untuk BMT Normal adalah 60,65 MPa dan untuk BMT Substitusi BCS nilai kuat tekan (f’c) adalah 67,50 MPa. Sedangkan kuat tarik lentur (fr) balok BMT Normal dan BMT Substitusi BCS adalah 7,134 MPa, dan 8,517 MPa. Beban maksimum balok hasil pengujian laboratorium untuk balok BMT Normal dan BMT Substitusi BCS adalah 253,000 kN dan 255,354 kN. Perbandingan kapasitas lentur terhadap geser teoritis BMT Normal dengan BMT Substitusi BCS adalah 2,285 dan 2,220. Lendutan pada saat beban ultimit untuk balok BMT Normal dan BMT Substitusi BCS adalah 7,86 mm dan 8,97 mm sehingga terjadi peningkatanbsebesar 14,122%. Indeks daktilitas balok BMT Normal dan BMT Substitusi BCS adalah 2,418 dan 2,798 yang terjadi kenaikan daktilitas pada balok BMT Substitusi BCS sebesar 15,544% dari balok BMT Normal. Dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan BCS efektif meminimalisasi sifat getas pada balok beton bertulang mutu tinggi. Kata kunci : Balok Bertulang Mutu Tinggi, Bongkahan Canngkang Sawit, Kapasitas Geser, Lendutan, Daktilitas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KAPASITAS GESER PADA BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI DENGAN VARIASI ADITIF DAN SUBSTITUSI AGREGAT( PENELITIAN DENGAN MENGGUNAKAN CANGKANG SAWIT, FLY ASH BATU BARA DAN PASIR POZZOLAN) (Sukma Merriza, 2016)

ANALISIS KAPASITAS LENTUR BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN CANGKANG SAWIT SEBAGAI SUBTITUSI AGREGAT KASAR (Rizky Amelia Farida, 2016)

ANALISIS KAPASITAS GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI MENGGUNAKAN KERAK BOILER CANGKANG SAWIT DAN PASIR POZZOLAN SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT HALUS (Tetiana Zulakhiar, 2016)

ANALISIS PERILAKU GESER BALOK BETON RINGANRNBUSA BERTULANG DENGAN AGREGAT BONGKAHANRNCANGKANG SAWIT (HAYATI, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN SUBSTITUSI ADITIF, AGREGAT HALUS, AGREGAT KASAR DAN PENAMBAHAN FILLER BIJIH BESI TERHADAP KUAT TEKAN DAN DAKTILITAS BETON MUTU TINGGI HYBRID (Fauzan Z, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy