//

TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lidya Marissa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Marissa, Lidya. 2016. Tingkat Kecemasan Siswa dalam Proses Belajar Matematika di Kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Ir. Johan Yunus, S.E, M.Si., (2) Suhartati, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : tingkat kecemasan, siswa, proses pembelajaran matematika, Kecemasan merupakan suatu keadaan aprehensi atau keadaan khawatir yang mengeluh bahwa sesuatu buruk akan terjadi. Tingkat kecemasan siswa berbeda-beda disebabkan oleh situasi dan kondisi siswa tersebut. Oleh karena itu peneliti mengadakan suatu penelitian yang berjudul “Tingkat Kecemasan Siswa dalam Proses Belajar Matematika di Kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016”. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif yang diajukan oleh Miles dan Huberman. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian angket kecemasan, wawancara dan catatan lapangan. Data penelitian yang dikumpulkan diperiksa keabsahan data tersebut menggunakan teknik triangulasi metode. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII1 SMP Negeri 8 Banda Aceh yang berjumlah 18 orang dan objek penelitian ini adalah kecemasan siswa dalam proses belajar matematika. Dari hasil angket kecemasan para siswa dibagi menjadi 3 kategori, yaknik kategori panik, kategori kecemasan berat, dan kategori kecemasan sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan siswa berada pada tingkat yang sangat memprihatinkan yaitu 78% (14 siswa) berada pada kategori kecemasan berat, 17% (3 siswa) berada pada kategori panik dan hanya 5% (1 siswa) berada pada kategori sedang. Adapun faktor penyebab kecemasan siswa dalam proses pembelajaran di antaranya : 1) Penguasaan siswa terhadap dasar - dasar matematika masih kurang, 2) Cara guru dalam menjelaskan materi masih kurang dimengerti, 3) Ketegasan guru yang berlebihan, 4) Kurangnya Motivasi dari orangtua. Disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terkait solusi dari kecemasan siswa tersebut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MATEMATIKA (MATH ANXIETY) DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNSYIAH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Desy, 2015)

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Kartika Sarah, 2015)

HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR PENJASORKES PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Agus Mili, 2016)

HUBUNGAN MULTIPLE INTELLIGENCE DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Aulia Fitri, 2017)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Mukhlisah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy