//

PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI DUA VARIETAS KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERRIL) LOKAL ACEH PADA BEBERAPA TINGKAT NAUNGAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAULANA IKHSAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Maulana Ikhsan. Pertumbuhan dan Produksi Dua Varietas Kedelai Lokal Aceh (Glycine max (L.) Merril) pada Beberapa Tingkat Naungan di bawah bimbingan Bapak Hasanuddin sebagai Pembimbing Utama dan Bapak Taufan Hidayat sebagai Pembimbing Anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh naungan terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman pada beberapa varietas kedelai lokal Aceh serta untuk mengetahui adanya interaksi antara naungan dan varietas terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai varietas lokal Aceh. Penelitian ini dilaksanakan sejak Mei hingga September 2014 di Kebun Percobaan Sektor Timur Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan Rancangan Split Plot Design (Rancangan Petak Terpisah; RPT) dengan dua faktor perlakuan. Petak utama yang digunakan adalah naungan terdiri dari empat taraf yaitu tanpa naungan (0%), naungan (20%), naungan (40%) dan naungan (60%). Penggunaan varietas sebagai anak petak terdiri dari dua taraf yaitu varietas Bener Meriah dan varietas Kipas Merah. Tolak ukur yang diamati terdiri dari dua pengamatan antara lain pengamatan agronomi dan pengamatan iklim mikro. Pengamatan agronomi yaitu tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, umur berbunga, jumlah polong pertanaman sampel, jumlah polong bernas pertanaman, jumlah polong hampa pertanaman, berat biji 100 butir, dan potensi hasil tanaman per hektar. Pengamatan iklim mikro yaitu suhu udara, kelembaban udara, suhu rata-rata (suhu makro) dan suhu tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan beberapa tingkat naungan berpengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan tanaman kedelai yang diamati berdasarkan parameter tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, umur berbunga dan umur panen. Produksi terbaik pada perlakuan naungan diperoleh pada tingkat naungan 40% yang berpengaruh sangat nyata pada parameter jumlah polong bernas, jumlah polong hampa dan potensi hasil. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa varietas berpengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan tanaman kedelai yang diamati berdasarkan parameter tinggi tanaman, diameter batang dan jumlah daun. Produksi terbaik pada perlakuan varietas diperoleh pada varietas Bener Meriah yang berpengaruh sangat nyata pada parameter jumlah polong bernas per tanaman, berat biji 100 butir dan potensi hasil. Terdapat interaksi yang sangat nyata antara perlakuan naungan dengan varietas untuk pertumbuhan dan produksi kedelai yang ditunjukkan pada parameter tinggi tanaman, diameter batang dan jumlah daun yang diamati pada umur 2 sampai 6 MST. Perlakuan naungan dan varietas juga berpengaruh terhadap parameter umur berbunga, jumlah polong hampa per tanaman dan potensi hasil.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH TINGKAT NAUNGAN TERHADAP PERTUMBUHANDAN HASIL DUA VARIETAS KEDELAI (GLYCINE MAX L. MERRIL)UNGGUL NASIONAL (MIA HERISVA, 2016)

PENGARUH VARIETAS DAN NAUNGAN TERHADAP IKLIM MIKRO, PERTUMBUHAN, DAN PRODUKSI KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERRIL) (Raisa Laura, 2013)

VIGOR KEKUATAN TUMBUH BENIH BEBERAPA VARIETAS KEDELAI (GLYCINE MAX L.MERRIL) YANG DIPRODUKSI PADA BERBAGAI TINGKAT NAUNGAN (REZA ALFIAN MUKTI, 2016)

PENGARUH UKURAN BENIH TERHADAP PRODUKSI, VIABILITAS DAN VIGOR DARI DUA VARIETAS KEDELAI (GLYCINE MAX [L.] MERRILL) (Al-Asrar, 2013)

PENGARUH PEMUPUKAN NITROGEN DAN FOSFOR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI, SERTA MUTU FISIOLOGI BENIH KEDELAI (GLYCINE MAX (L) MERILL.) (Cut Fitri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy