//

ANALISIS PENGGUNAAN POLYPROPYLENE DAN ABU SEKAM PADI TERHADAP KINERJA CAMPURAN LAPIS ASPAL BETON AC-WC

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT ROSA BELLA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Berbagai usaha yang terus-menerus dilakukan untuk meningkatkan kinerja campuran aspal beton. Banyaknya lalu lintas dan beban lalu lintas yang berlebihan melewati perkerasan jalan menyebabkan kerusakan dan mengurangi kinerja campuran aspal. Pada penelitian ini untuk memperbaiki kinerja campuran aspal dilakukan peningkatan mutu aspal dengan cara memodifikasinya dengan menambahkan polypropylene. Jenis polypropyleneyang digunakan berupa limbah gelas plastik air mineral dengan variasi persentase 2%, 4%, 6% terhadap kadar aspal optimum. Selain aspal sebagai bahan pengikat, fillerjuga sangat mempengaruhi sifat campuran aspal. Abu sekam padi yang merupakan hasil dari pembakaran limbah sekam padi memberikan peluang alternatif sebagai bahan pengisi pada campuran aspal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja campuran lapis aspal beton AC-WC yang menggunakan polypropylenesebagai bahan substitusi aspal penetrasi 60/70 serta kombinasi 50% abu sekam padi dan 50% semen portland sebagai filler. Tahap awal penelitian ini adalah dengan melakukan pemeriksaan sifat-sifat fisis agregat dan aspal penetrasi 60/70 dengan dan tanpa polypropylene, selanjutnya dilakukan pembuatan benda uji dengan variasi kadar aspal untuk penentuan kadar aspal optimum (KAO), setelah KAO didapat dilakukan pembuatan benda uji tanpa substitusi polypropylene sebagai benda uji awal dan benda uji dengan substitusi polypropyleneterhadap kadar aspal optimum.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase substitusi polypropylene yang efektif sebesar 6% pada kadar aspal 6,30% yang merupakan kadar aspal optimum. Nilai stabilitas yang didapat pada kadar aspal efektif adalah 3036,38 kg. Hasil pengujian Marshall dengan substitusi polypropylene 2%, 4% dan 6% pada kadar aspal 6,30% dan 6,80% telah memenuhi spesifikasi yang disyaratkan, sedangkan kadar aspal 5,80% untuk nilai VIM pada semua variasi persentase substitusi polypropylene masih melebihi batas persyaratan yang ditetapkan yaitu berkisar antara 3% - 5%. Kata Kunci :Lapis Aspal Beton, Polypropylene, Abu Sekam Padi,

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENENTUAN KADAR ASPAL OPTIMUM (KAO) PADA BETON ASPAL DENGAN PENAMBAHAN PP (POLYPROPYLENE) 2% DAN 6% (Alfat Zainullah, 2018)

PENGARUH PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK SERTA ABU SEKAM PADI PADA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS AC-WC (Kusmira Agustian, 2016)

UJI KARAKTERISTIK ASPAL BETON LAPIS ANTARA (ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE, AC–BC) MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT (STUDI KASUS VARIASI PERSENTASE FILLER ABU BATU BASALT DAN ABU SEKAM) (Irwanyah, 2014)

PENGARUH SUBSITUSI POLYPROPYLENE DAN ABU TEMPURUNG KELAPA DENGAN CARA KERING TERHADAP KINERJA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) (Wenny Rahmadhani Nasution, 2017)

KINERJA CAMPURAN BETON ASPAL UNTUK LALU LINTAS RINGAN MENGGUNAKAN ABU SEKAM SEBAGAI FILLER DAN ASPAL SHELL 60/70 SEBAGAI BAHAN PENGIKAT (Cut Putri Yasha, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy