//

INTEGRASI ELIT PARTAI GOLKAR DI PROVINSI ACEH (STUDI KAJIAN TERHADAP KONSOLIDASI PARTAI PASKA KEMENANGAN T.M NURLIF)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD AMPUN IQBAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK MUHAMMAD AMPUN IQBAL, INTEGRASI ELIT PARTAI GOLKAR 2016 DI PROVINSI ACEH (Suatu Kajian Terhadap Konsolidasi Partai Paska Kemenangan T. M. Nurlif) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala (Drs. Zainal Abidin, AW, M.Si) (xi, 51), pp.,bibl.,app Partai Golkar (Golongan Karya) adalah sebuah partai politik yang ada di Indonesia, pertama kali berdiri pada masa -masa akhir pemerintahan Presiden Soekarno sampai dengan sekarang. Setiap partai politik wajib melakukan musyawarah nasional (Munas) termasuk partai Golkar. Dan partai Golkar pernah, menggelar munas dan terjadi kericuhan di antara dua kubu, hal ini berlangsung tidak lama karena para elit politik langsung mengambil tindakan untuk berdam ai kembali. Tujuan dari penelitian yang akan dilaksanakan adalah untuk mengetahui sikap elit Partai Golkar Aceh menanggapi perdamaian Munas Bali dan Ancol dan bagaimana elit politik Partai Golkar di Provinsi Aceh bersatu karena perdamaian munas Bali dan Ancol. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif dengan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara yaitu percakapan langsung dan tatap muka (face to face). Berdasarkan hasil wawancara didapatkan data bahwa sikap elit politik dalam menggapai perdamaian dipengaruhi oleh kedudukan, kepercayaan serta kekerabatan. Ketiga hal tersebut saling berkaitan sehingga menimbulkan sikap damai. Efek positif dari perdamaian adalah menambahkan energi baru bagi Partai Golkar untuk berkiprah di bidang politik. Sedangkan efek negatif adalah berefek kepada respon pada saat pilkada yang akan mendatang, dikhawatirkan; posisi partai Golkar menurun karena posisi saat ini dari peringkat ke dua men jadi peringkat ketujuh. Kemudian adapun faktor yang mempengaruhi proses perdamaian adalah faktor kerinduan, keinginan bersama, kematangan berpolitik, kesadaran berpolitik serta sifat kenegarawan pemimpin. Disarankan kepada Partai Golkar agar menjadikan kericuhan yang telah terjadi sebagai pembelajaran politik agar menjadikan partai Golkar lebih aman, damai, dan bisa berkiprah dengan baik di dunia politik. Kata Kunci: Integrasi, Elit Politik, Partai Golkar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMENANGAN PARTAI GOLKAR PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 DI KABUPATEN GAYO LUES (SAHAR, 2016)

STRATEGI PEMENANGAN KURSI DPRK PARTAI GOLKAR PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KABUPATEN BIREUEN (SYAHRIZAL, 2015)

FAKTOR PENYEBAB PERPECAHAN ARAH KOALISI KADER DAN SIMPATISAN PARTAI GOLKAR BANDA ACEH PADA PILPRES 2014 (M. IQBAL, 2015)

REKRUTMEN POLITIK PARTAI LOKAL DAN PARTAI NASIONAL (STUDY KOMPARATIF PADA PARTAI ACEH DAN PARTAI GOLKAR KOTA BANDA ACEH) (Saradi Wantona, 2015)

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DPD TINGKAT I PARTAI GOLKAR PROVINSI ACEH DALAM PEMENANGAN PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2014 (Asmaul Husna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy