//

PEMANFAATAN ENERGI SURYA SEBAGAI PENGGERAK POMPA PADA TANAMAN CABAI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulana Rizky - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada musim kemarau para petani harus bersusah payah menyiram tanaman pertanian mereka, karena harus mengangkat air dari sumur. Banyak dari mereka yang tidak dapat menggunakan pompa air karena lahan pertanian jauh dari sumber energi listrik. Teknologi pompa air tenaga surya adalah sebagai energi alternatif yang dapat mengatasi hambatan tersebut. Pompa air ini dapat dimanfaatkan untuk menyiram tanaman pertanian terutama pada tanaman cabai. Tanaman cabai meupakan tanaman sensitif terhadap kekeringan. Jika tanaman cabai kekeringan maka tanaman cabai akan mudah mati atau hasil panen dari tanaman cabai kurang berkualitas untuk diproduksi ke pasaran. Maka dari itu petani dapat mengelola tanaman cabai mereka dengan memanfaatkan air yang dihasilkan dari teknologi pompa tenaga surya. Metode pengukuran kebutuhan dalam penelitian ini adalah mengukur kebutuhan rata-rata air tanaman cabai pertanamannya dari penanaman usia awal yaitu satu bulan, dua bulan, dan tiga bulan dengan penyiraman pagi dan sore. Pada saat pengujian, air yang dibutuhkan rata-rata dalam per hari yaitu 442,16 ml untuk satu bulan, 814 ml untuk usia tanaman dua bulan dan 1.250 ml untuk usia tanaman tiga bulan. Debit air yang didapatkan yaitu 0,00202 m^3/det. Maka dari itu kebutuhan air yang diperlukan agar mampu menyiram lahan tanaman cabai seluas 1/4 hektar dibuuhkan daya pompa sebesar 487,2 watt. Lamanya pengoperasian pompa selama satu jam. setelah mengetahui jumlah kehilangan energi setiap belokan pipa (head losses). Dengan daya pompa sebesar 487,2 maka energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan pompa diperlukan 4 unit panel surya dengan daya 80 watt dan baterai aki 65 ah 12 V sebanyak 2 baterai. Kata kunci: Cabai, Pompa Air, Panel Surya

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN ENERGI SURYA SEBAGAI PENGGERAK POMPA PADA TANAMAN CABAI (Maulana Rizky, 2016)

UJI SISTIM POMPA AIR TENAGA SURYA UNTUK PENGAIRAN PERTANIAN (Eko Margiyono, 2015)

PERENCANAAN SISTEM DISTRIBUSI AIR TANAMAN BUNGA PADA TAMAN BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA DENGAN MEMANFAATKAN ENERGI SURYA SEBAGAI PENGGERAK POMPA (, 2016)

APLIKASI SISTEM TENAGA SURYA SEBAGAI SUMBER TENAGA LISTRIK POMPA AIR (Zian Iqtimal, 2018)

PERENCANAAN KINCIR ANGIN BERSUDU BANYAK RNSUMBU HORIZONTAL SEBAGAI PENGGERAK RNPOMPA TORAK UNTUK SISTEM DESALINASI RNAIR LAUT (Farizal, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy